Top 5 EDM One-Hit Wonder of All Time

SHVR
SHVR
Top 5 EDM One-Hit Wonder of All Time

“Sumpah ya, gua ada satu lagu yang selalu gua denger terus-terusan sampe sekarang dan gak pernah bosen. Tapi lagu yang enak dari dia cuma ini doang. Lu ngalamin juga gak sih?”

Mungkin kita pernah ngobrol sama teman soal lagu one hit wonder, dan lagu-lagu one hit wonder ini emang (biasanya) jago nyantol di kuping kita berhari-hari atau bertahun-tahun. Apalagi kalo lagu itu berkaitan sama momen tertentu. Tapi sebenernya, apa sih yang dimaksud dari lagu one hit wonder ini?Istilah one hit wonder muncul untuk musisi yang pernah sukses dengan single/track di berbagai tangga musik atau pencapaian lainnya, namun belum ada lagi single/track terbaru yang bisa menyaingi kesuksesan sebelumnya. Lalu, kapan istilah ini mulai muncul?

Terms one hit wonder mulai populer di era 90an, di mana produksi pita kaset yang murah dibanding piringan hitam menjadikan produksinya sangat massive sampai membuat banyak musisi semakin produktif untuk merilis album sampai EP. Tentu di setiap album atau EP, tidak semua lagunya membawa kesuksesan atau bahkan hanya satu lagu yang masih suka kita dengar sampai sekarang.

Setelah era format kaset mulai berganti ke CD, lagu-lagu one hit wonder semakin populer karena banyak perusahaan rekaman yang gemar membuat album kompilasi lagu-lagu top 40 yang di mana ini menjadi salah satu wadah lagu-lagu dengan predikat one hit wonder.

Loncat ke era digital, di mana semua orang semakin mudah untuk mendapatkan lagu lewat download atau streaming. Kita tidak lagi “disuapin” track-track terbaru dari label musik, karena kita bisa dengar apapun yang kita mau hanya dengan click. Namun ada algoritma yang menuntun kita untuk mendengarkan dari satu track ke track berikutnya, tentunya hal ini membuat banyak musisi berkompetisi merilis single yang bisa “booming” di platform tertentu. Pastinya menambah populasi lagu-lagu one hit wonder.

Setelah sedikit throwback soal pengaruh format musik pada lagu one hit wonder, lagu-lagu tersebut bukan berarti tidak meninggalkan apapun. Selain membawa kita nostalgia dengan momen tertentu, lagu one hit wonder juga punya pengaruh yang besar untuk musik-musik EDM yang sering kita dengar di dancefloor saat ini.

So here's the top 5 one-hit wonders that influence EDM songs nowadays.
Keep scrolling to find out the list Shiverian!

Kungs vs Cookin’ on 3 Burners - This Girl

Originally released by Australian funk trio “Cookin on 3 Burners” in 2009. Di tahun 2016, produser asal Prancis, Kungs, me-remix “This Girl” dan membuatnya sukses di 18 negara dengan masuk ke dalam top 10 list in 2016. Hingga saat ini, video mereka ditonton lebih dari 436 juta kali di Youtube.

Edward Maya & Vika Jigulina - Stereo Love

Single debut Edward Maya dan Vika Jigulina ini rilis di tahun 2009 dan langsung jadi pop mega hit yang dimainkan di club-club seluruh dunia. Instrumen accordion dalam lagu ini bikin Jennifer Lopez remake lagu ini lewat single hit berjudul “On The Floor”.

Duck Sauce - Barbra Streisand

Pharrell, Kanye West, The Roots, DJ Mehdi, Chromeo dan beberapa selebriti lainnya ikut ngeramein music video hit satu ini dengan menyebut nama “Barbra Streisand”. Selain Music video-nya yang berisi orang-orang terkenal, nyatanya Duck Sauce beranggotakan electronic music duo, Armand van Helden dan A-Trak.

Alice DJ - Better Off Alone

“Better Off Alone” pertama kali rilis tahun 1997, lalu dirilis ulang di tahun 2000 dengan vokalis Judith Pronk. Melody track hit satu ini punya peran penting di skena musik trance, selain itu beberapa artis juga meluncurkan lagu-lagu dengan menggunakan melodi “Better Off Alone” seperti “Say Yeah” dari Wiz Khalifa dan “Play Hard”-nya David Guetta.

Darude - Sandstorm

Would dance music be what it is today without Darude’s “Sandstorm”? Probably not.
Instrumental trance composition satu ini rilis pertama kali di 1999 dan re-released di beberapa negara dunia pada tahun 2000 setelah DJ asal Finlandia ini meng-upload-nya di MP3.com. Track ini semakin populer karena banyak acara-acara olahraga di zamannya menggunakan lagu ini.

That's the top 5 EDM one-hit wonders that influence many EDM songs nowadays.
Do you have a one-hit wonder recommendation?

Let us hear in the comment section!

Share article