Studi Membuktikan: Pendengar Trance Itu Orang yang Bahagia

SHVR
SHVR
Studi Membuktikan: Pendengar Trance Itu Orang yang Bahagia

Gak cuma cuaca, tanggal tua apa muda, atau kondisi jalanan pas pulang kerja yang bisa nentuin perasaan Shiverian. Nyatanya musik juga bisa mempengaruhi perasaan kita.

Percaya gak percaya, waktu kita dengerin musik, alam bawah sadar kita memproses ketukan, nada, sampe lirik suatu lagu dan jadilah perasaan sedih, galau, semangat, atau bahagia.

 

Ngomongin soal perasaan bahagia, baru-baru ini onbuy.com melakukan riset soal genre apa yang menginspirasi pendengarnya menjadi bahagia lewat penggunaan bahasa atau komentar.

Based on their research, pendengar musik trance masuk ke dalam daftar orang yang bahagia (atau bisa bikin orang lain bahagia) dari deretan genre musik electronic lainnya.

Source: drifterplanet.com/psytrance-festivals-2017/

 

Temuan ini dilakukan lewat analisa mendalam pada 2 juta lebih komentar di Reddit, dari 27 subreddits paling populer untuk setiap genre musik. Mereka menelisik berbagai komentar atau kata-kata positif yang dapat membangkitkan rasa bahagia. Komentar-komentar ini biasanya berisikan apresiasi pada throwback moment suatu festival yang pernah didatangi hingga rilisan sekelas single terbaru. So, basically trance listeners love to spread the good vibes to each other.

 

Hal ini terbukti, trance ada di posisi ke 7 dari total 100 genre yang diriset. Tim riset onbuy.com mendapatkan 7.157 kata-kata atau komentar positif dari total 14.198. Angka ini setara dengan 50 mention positif tiap 100 komentar yang diposting.

Source: onbuy.com/gb/blog/language-study-reveals-the-happiest-music-fans~a421/

 

Trance emang bukan yang nomor satu dari keseluruhan daftar genre yang diriset, tapi musik electronic lainnya baru muncul di peringkat 17. Dimulai dari techno, lanjut disusul EDM, house, dubstep, dan drum & bass yang ada di bawahnya.

 

Jadi gak heran ya kalo trance masuk ke dalam peringkat 10 besar versi riset onbuy.com dengan genre musik yang bisa kasih “Good Vibes”. It comes from trance song lyrics and feel-good melodies that unite fans across all walks of life.

 

Spread your good vibes trance listeners in our comment section!

Share article