Sensasi Unik dan Nagih Rokok Menthol: Buat Lo Tampil Beda!

SHVR
SHVR
Sensasi Unik dan Nagih Rokok Menthol: Buat Lo Tampil Beda!

Rokok menthol menjadi salah satu jenis rokok yang banyak diminati oleh para perokok di seluruh dunia. Dengan rasa dan aromanya yang khas, ini membuatnya berbeda dari rokok biasa. Rokok menthol memberikan sensasi dingin, segar di mulut dan tenggorokan yang bisa mengurangi rasa pahit dan asap dari rokok. Rokok ini juga diklaim bisa memberikan efek relaksasi dan menenangkan yang cocok untuk menghilangkan stres dan kelelahan.

Tapi, apa lo tahu apa itu rokok menthol dan gimana cara kerjanya? Penasaran juga gak sih gimana awal mula dan alasan di balik popularitas rokok menthol? Nah, di artikel ini kita bakal bahas hal tersebut bareng-bareng. So, dibaca sampai habis ya!

 

Apa Itu Rokok Menthol dan Gimana Cara Kerjanya?

Rokok menthol merupakan rokok yang mengandung zat kimia bernama menthol, yang berasal dari minyak esensial tanaman mint. Menthol adalah zat yang bisa merangsang reseptor dingin di kulit dan selaput lendir, sehingga memberikan sensasi dingin dan segar. Selain itu, zat ini juga bisa menghambat reseptor rasa pedas dan pahit yang akan mengurangi rasa gak enak dari rokok.

Rokok menthol bisa dibuat dengan beberapa cara, antara lain:

  • Menambahkan menthol ke dalam tembakau atau kertas rokok
  • Menyemprotkan menthol ke dalam filter rokok
  • Menggunakan benang menthol atau menthol fiber, yaitu benang yang mengandung menthol dan ditempatkan di dalam filter rokok

Salah satu produk rokok menthol yang menggunakan teknologi menthol fiber adalah GG Shiver, kretek mild premium dari Gudang Garam. GG Shiver menggabungkan rasa mild yang halus dengan sensasi dingin tak terbatas dari menthol fiber. Hal ini pastinya ngasih kepuasan maksimal bagi para pecinta rokok menthol. Cocok banget juga buat lo yang yang lagi mencari sensasi baru dan berani tampil beda.

 

Awal Mula Kepopuleran Rokok Menthol

Setelah ngebahas apa itu rokok menthol dan gimana cara kerjanya, tentu gak lengkap kalo kita gak bahas mengenai awal mula kepopuleran dari rokok menthol. Berikut ini penjelasan yang sudah dirangkum dari berbagai macam sumber.

Dilansir dari Truth Initiativementhol pertama kali ditambahkan ke rokok pada tahun 1920-an dan 1930-an oleh Spud Brand, sebuah perusahaan rokok di Amerika Serikat. Rokok menthol ini diklaim bisa membantu mengatasi masalah pernapasan, seperti batuk, pilek, dan asma. Namun ternyata, rokok ini gak begitu laku di pasaran. Penyebabnya karena rasa dan aromanya yang terlalu kuat.

Pada tahun 1927, muncul lagi merek rokok menthol lain yang lebih sukses, yaitu Kool. Kool menggunakan menthol yang lebih ringan dan lebih menyegarkan, sehingga lebih disukai oleh para perokok. Kool juga melakukan kampanye iklan yang agresif dengan menampilkan gambar penguin yang lucu dan slogan "Come Up to the Kool Taste". Melalui hal ini, Kool berhasil menarik perhatian banyak perokok, terutama di kalangan Afro-Amerika, yang merasa rokok menthol lebih lembut dan lebih enak daripada rokok biasa.

Kemudian, di tahun 1930-an, rokok menthol mulai menyebar ke berbagai negara, seperti Inggris, Jerman, dan Jepang. Rokok menthol juga mulai dikembangkan dengan berbagai varian. Mulai dari rokok menthol dengan rasa buah, rokok menthol dengan filter, dan rokok menthol dengan tar dan nikotin yang rendah.

Dilansir dari British Medical Journal (BMJ), secara internasional, perusahaan tembakau mengkonfirmasi bahwa pada tahun 1990-an, rokok menthol berperan penting dalam menarik perokok pemula dan generasi muda di Asia. Hal ini karena preferensi mereka dengan rasa rokok yang lebih ringan. 

 

6 Alasan Kenapa Rokok Menthol Makin Populer!

Rokok menthol emang punya daya tariknya sendiri. Ini dia alasan kenapa banyak yang suka:

Sensasi Dingin yang Nyaman

Rokok menthol ngasih lo sensasi dingin yang bikin enak dan nyaman. Cocok buat lo yang baru mulai ngerokok atau yang pengen nyobain sesuatu yang beda.

Efek Relax yang Bikin Chill

Bagi sebagian orang, ngerokok menthol bisa bikin suasana makin relax dan chill. Pas banget buat lo yang lagi pengen me-time buat ngilangin stres. 

Cocok untuk Pemula

Rasa menthol yang lebih ringan pastinya membuat rokok menthol jadi lebih disukai oleh perokok pemula atau mereka yang gak terbiasa dengan rasa tembakau tradisional.

Aroma dan Rasa yang Beda

Rokok menthol punya rasa dan aroma yang unik, yang pastinya bisa bikin para perokok gak bosen dan pengen nyobain varian-varian yang ada. Hal ini bikin rokok menthol jadi lebih menarik dan variatif.

Pengaruh Sosial dan Budaya

Strategi pemasaran rokok menthol juga bisa dibilang berhasil memainkan peran penting dalam meningkatkan popularitas rokok menthol. Iklan yang kreatif dan menarik dapat menciptakan citra yang positif, terutama di kalangan perokok muda. Banyak perokok yang mulai merokok menthol karena terpengaruh oleh iklan yang menampilkan gambar atau pesan yang menarik, seperti kesegaran, kebebasan, atau kesenangan.

Gak cuma iklan, tapi teman, keluarga, dan faktor lainnya juga bisa mempengaruhi lo buat nyoba rokok menthol. Misalnya aja pas lo lagi ada di tongkrongan dan temen lo ngerokok menthol, bukan gak mungkin lo jadi pengen coba dan berakhir ketagihan.

Inovasi Teknologi

Penggunaan teknologi dalam produksi rokok menthol, seperti menthol fiber atau benang menthol dalam filter, dapat memberikan sensasi dingin yang lebih tahan lama dan intens. Hal ini tentu menciptakan pengalaman merokok yang unik.

Kalo lo tertarik untuk cobain rokok menthol, lo bisa beli GG Shiver, <a rel="nofollow" href="https://komunitaskretek.or.id/featured/2023/05/gg-shiver-salah-satu-kesuksesan-gudang-garam/">KRETEK MILD PREMIUM</a> dari Gudang Garam yang sudah menggunakan teknologi menthol fiber. GG Shiver menggabungkan rasa mild yang halus dengan sensasi dingin tak terbatas dari menthol fiber. Hal ini bisa bikin lo ngerasain kepuasan maksimal saat ngerokok menthol. GG Shiver ini juga pastinya cocok banget buat lo yang lagi cari sensasi baru dan berani tampil beda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi lo. Kalo lo mau liat artikel informatif lainnya, cek langsung di website SHVR. Tapi kalo lo mau mengetahui update keseruan lainnya dari SHVR, silakan kunjungi Instagram SHVRThank you sudah mau baca artikel ini. See you in the next articles!

Share article