BARS, Aplikasi Musik Rap Milik Facebook

SHVR
SHVR
BARS, Aplikasi Musik Rap Milik Facebook

Ketertarikan Facebook terhadap tren video pendek yang dipopulerkan oleh TikTok masih terus berlanjut. Setelah meluncurkan aplikasi bernama Collab tahun lalu, Facebook kini memperkenalkan aplikasi serupa bernama BARS.

Menurut penjelasan Facebook, aplikasi ini ditujukan bagi pengguna yang doyan menyanyikan lagu bergenre hip hop atau rap. Sama seperti TikTok, pengguna BARS bisa merekam sebuah video pendek yang disertai dengan iringan musik atau lagu. Bedanya, aplikasi ini menawarkan aneka lagu favorit dari sejumlah rapper ternama. Ketika merekam video yang diiringi musik, pengguna bisa menggunakan beragam efek suara, salah satunya adalah auto-tune.

Facebook sendiri mengklaim rekaman yang dibuat melalui aplikasi BARS bakal memiliki kualitas yang ciamik dan setara dengan hasil rekaman studio.

Selain efek suara, BARS juga memiliki fitur auto-suggest. Fitur ini berguna untuk memberi petunjuk bagaimana lirik atau nada sebuah lagu rap dinyanyikan. Terdapat pula “Challenge mode” di mana pengguna dapat melakukan freestyle dengan kata yang disarankan secara otomatis dari aplikasi ini. Meski demikian, belum jelas apa saja fitur-fitur yang ada di aplikasi ini secara lengkap. Namun, melihat tampilan awal aplikasi BARS, terdapat sejumlah fitur ala TikTok, seperti "Featured" dan "New" yang serupa dengan "Following" dan "For You". Artinya, pengguna kemungkinan bisa menelusuri berbagai konten BARS lainnya dengan cara melakukan swipe up dan swipe down.

Saat ini, BARS beta hanya tersedia di App Store untuk Amerika Serikat. Facebook mengatakan akan membuka akses undangan BARS secara berkelompok, dimulai di AS. Pemberitahuan selengkapnya akan diumumkan melalui Instagram @getbarsapp

 

Share article