Pemerintah Belanda Ngebuat Party untuk Penelitian

SHVR
SHVR
Pemerintah Belanda Ngebuat Party untuk Penelitian

Ever heard about “We all live for the future” ? Guess that’s all we’re doing right now and especially for Netherlands or yang kita kenal dengan sebutan negara Belanda.

Yap, baru-baru ini pemerintah Belanda baru aja bikin social experiment dengan menyelenggarakan party yang di mana orang-orang di dalamnya bisa merasakan keadaan saat kehidupan normal, yaitu tanpa menggunakan masker, tanpa menjaga jarak, dan we can dance together with our friends. Sounds interesting, huh?

Credits: theguardian.com

So, basically pemerintah Belanda nggak cuma asal buat party aja loh karena sebenernya event ini diselenggarakan sebagai bagian dari research. Dikutip dari dw.com, Pieter Lubberts yang merupakan Program Manager dari research ini mengatakan bahwa tujuan dibuatnya acara ini adalah sebagai cara untuk melihat bagaimana kedepannya konser musik, pertandingan olahraga, conference, party bisa diselenggarakan secara aman di masa pandemi ini.

Party ini sendiri dibuat di the largest music arena di Belanda yaitu, The Ziggo Dome dan beberapa Dj lokal asal Belanda pun menjadi pengisi acara di party ini. Oh iya, acara ini sendiri didatangi oleh 1.500 orang, lho! But, karena konsep acara ini adalah party in the name of science jadi semua penonton yang datang harus tes PCR terlebih dahulu 48 jam sebelumnya. Selain itu, di dalam acara tersebut, para penonton dibagi menjadi 6 group yang di mana tiap group ini punya peraturan yang berbeda beda dalam menikmati party ini, kira-kira kayak gini pembagiannya:

  • Group 1 :

Harus menggunakan masker sepanjang acara tapi dibebaskan untuk memilih tempat di mana saja asalkan dalam jarak semeter di sekelilingnya nggak ada lebih dari 3 orang.

  • Group 2 :

Harus terus menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain 1,5 meter.

  • Group 3 :

Setiap orangnya cukup menggunakan masker di saat mereka ingin berpindah tempat dan hanya boleh berdiri di tempat yang sudah dikasih tanda

  • Group 4 :

Harus menggunakan masker sepanjang acara dan disediakan tempat untuk duduk.

  • Group 5 :

Setiap orangnya cukup menggunakan masker di saat ingin berpindah tempat. Mereka pun diberikan area untuk berdiri dan juga duduk. Pada area berdiri, setiap orangnya diberi jarak sekitar 2 bangku

  • Group 6 :

Nggak perlu menggunakan masker sama sekali dan penonton bebas untuk ngelakuin apa aja.

Credits: theguardian.com

Nantinya semua para penonton dari acara ini pun harus tes PCR ulang di hari kelima agar pemerintah Belanda bisa melihat hasil dari research mereka. So, it’s a little bit tricky than we thought, right?

Namanya juga usaha ya, jadi perlu diucapin congratulation nih buat pemerintah Belanda yang udah kasih titik terang buat industri hiburan mereka! Hope Indonesia will do the same research too, jadi biar kita bisa tau nih kapan bisa mulai party lagi. Gimana setuju nggak, Shiverian?

Share article