4 Fakta Menarik Tentang Lagu "Lathi" Weird Genius

SHVR
SHVR
4 Fakta Menarik Tentang Lagu "Lathi" Weird Genius

Shiverians semua pasti tau Weird Genius yang terdiri dari Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu yang pernah hadir di SGF19 kan?  Di bulan Februari 2020 kemarin, Weird Genius menggandeng seorang rapper cantik asal Surabaya yang bernama Sara Fajira untuk membuat proyek lagu bersama yang berjudul “Lathi”. Dengan hasil akhir yang keren, lagu yang berjudul “Lathi” ini menjadi salah satu lagu EDM asal Indonesia yang bekennya melejit sampai kancah internasional. Dibalik hits-nya lagu tersebut, ternyata ada fakta-fakta menarik lho yang bisa Shiverians tau. Ini dia!

1.Liriknya adalah gabungan dua bahasa

Judul “Lathi” memang kedengarannya unik dan jarang didengar, ya jelas aja karena ternyata itu adalah Bahasa Jawa yang artinya lidah atau ucapan. Dengan judul yang berbau Bahasa Jawa, bisa dipastikan juga kalau lirik dari lagu ini mengandung Bahasa Jawa yang justru menjadi kejutan dan keunikan dari lagu “Lathi”. Yang lebih bikin unik lagi, lagu “Lathi” menggabungkan Bahasa Jawa dengan Bahasa Inggris. Gak nanggung-nanggung, arti dari lirik gabungan ini juga cukup dalam lho, pantes aja banyak yang bilang “Lathi” adalah lagu yang keren dan pastinya beken.

2. Bicara tentang toxic relationship

Lagu “Lathi” bercerita tentang hubungan tidak sehat atau  toxic relationship yang penuh dengan kebohongan dan ego. Lagu ini juga bercerita tentang keberanian menghadapi hubungan yang tidak sehat itu sendiri. Hubungan percintaan yang menyakitkan digambarkan dalam liriknya yang berbahasa Jawa, terinspirasi dari pepatah Jawa kuno yang berkata ‘harga diri seseorang ada pada lidahnya’.

3. Sarat dengan unsur tradisional

Gak cuman liriknya yang ada unsur-unsur tradisional, ternyata video musik dari “Lathi” bisa dibilang lebih kental lagi unsur tradisionalnya karena menampilkan wayang serta tari tradisional Kuda Lumping lengkap dengan aksi memakan bola lampu dan menyemburkan api.

Gak sampai disitu aja, gabungan EDM dengan unsur musik tradisional yang berupa gamelan berhasil bikin lagu ini punya keunikan dan daya tarik tersendiri.

4. Populer karena ada #LathiChallenge

Asal muasal bekennya lagu “Lathi” ternyata berawal dari sebuah challenge make-up di Instagram bernama #LathiChallenge yang di-viralkan oleh seorang beauty vlogger Indonesia bernama Jharna Bhagwani. Di unggahan video Jharna, ia terlihat melakukan perubahan tema make up yang drastis dan pada caption-nya Jharna mengatakan bahwa ia sangat bangga dengan budaya yang dimiliki.

Jadi itu dia fakta-fakta menarik di balik lagu “Lathi” yang sering kita dengar dimana-mana. Semoga dengan berhasilnya lagu “Lathi” ini, Weird Genius jadi makin sering ya bikin gebrakan keren yang menggabungkan EDM dengan musik tradisional. Apalagi kalau sampai terdengar ke luar negeri, pasti tambah bikin harum nama bangsa nih!

Share article