Surabaya Party’s Crowd Maker

BY
SKANA

July, 26th 2019

Di dirikan di Surabaya pada tahun 2013, Subfaces melabeli diri mereka sebagai Crowd Maker di setiap pesta seru yang diadakan di penjuru kota Pahlawan ini. Selain sebagai crowd maker, Subfaces juga mendefinisikan diri mereka sebagai ‘Passionate people on House and Disco tunes’ atau golongan orang-orang yang memiliki gairah khususnya terhadap aliran genre musik house dan disko.

Subfaces sendiri memiliki lima Disc Jockey sebagai penyuplai musik tersebut. Diantaranya yaitu Phng spesialis HipHop, Lunett spesialis House, Mr. E spesialis Disco House, Prof spesialis R&B, dan Sinatrya spesialis R&B dan Funk. Dengan varian genre musik tersebut, Subfaces berhasil menciptakan suasana baru melalui setlist yang dimainkan di setiap pesta yang mereka adakan. 

Berdasarkan hipotesa, ada fenomena janggal yang terjadi di Kota Surabaya, terdapat perputaran yang sedikit lebih lambat di skena musik underground yang agaknya bertolak belakang dengan kota besar lainnya seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Perputaran yang lebih lambat di skena musik ini memiliki pengaruh besar terhadap industri ini sendiri. Jika ditelursuri lebih lanjut, ada golongan orang-orang yang merasa ‘terjebak’ atas kurangnya wadah untuk mengekspresikan passion mereka di dalam perputaran skena music ini.

Dengan ketertarikan para anggota Subfaces terhadap berbagai genre musik di luar setlist club kebanyakan, menimbulkan sebuah idealisme untuk memperkenalkan serta mengedukasi khalayak umum mengenai berbagai genre music lainnya. Hal ini ditandai dengan rentetan private party yang dibuat secara selektif untuk memberikan intimasi terhadap pengenalan dan edukasi terhadap genre music tersebut.

Subfaces secara magis tetap konsisten pada idealisme tersebut hingga dapat mengesampingkan orientasi mereka terhadap keuntungan secara materi di event party yang dibuatnya. Idealisme ini berhasil dibuktikan ketika mereka mengundang FKJ pada tahun 2015 yang pada saat itu juga sedang melaksanakan tour asia. Jakarta dan Bali juga menjadi salah satu kota yang di datanginya. Pada event party kali ini, Subfaces berhasil membawa kurang lebih 350 audiens menikmati genre music yang dibawakan oleh FKJ yaitu R&B/soul, dimana ini menjadi kali pertama event party public di Surabaya yang membawakan genre music tersebut. Historical event inilah salah satu factor yang membuka pasar baru di Kota Surabaya, yaitu berkumpulnya penikmat genre music underground.

Tidak hanya terkenal menjadi Crowd Maker, subfaces juga memiliki sederet party yang iconic ditandai dengan atribut topeng berbentuk menyerupai emoji smile dengan dua mata berbentuk ‘S’ sebagai simbol dari ‘S’-u-b-f-a-c-e-‘S’.

Beberapa acara yang telah dibuat oleh Subfaces diantaranya yaitu:

  • Private Boiler Room private party (Villa Ciputra, 2013)
  • Chills n’ Thrill Halloween private party (T S Suites, 2014 ),
  • Three 0 One Private party ( TS Suites, 2014 ),
  • New Year Pajama’s private party (Villa Ciputra, 2015),
  • SUBCALLING public party (Black Bird, 2015). Di acara ini, sesuai namanya subfaces memiliki konsep untuk ‘memanggil’ kolega kolektif dari kota lain (Jogja) untuk bersama-sama berkolaborasi dalam melakukan sharing awareness serta mengedukasi orang-orang terhadap genre music underground secara lebih lanjut.
  • SUBFACES Launching Party (RUI, 2015). Acara ini menjadi event resmi dalam peluncuran komunitas Subfaces secara resmi dengan mengundang FKJ sebagai talent utama
  • Wonderwall (Graha Sungkono, 2015). Tidak hanya berfokus sebagai party dan crowd maker, Subfaces juga memiliki lini --- yang lain yaitu sebagai promotor acara yang membawa satin jackets ke Surabaya.

Subfaces juga banyak bekerja sama dengan Rui lounge bar yang berlokasi di Surabaya Townsquare, yang mana adalah salah satu tempat GG Lamp Surabaya.

Intensitas event party yang dibuat oleh Subfaces berbanding lurus dengan seiring berjalannya waktu dan beban tanggung jawab kesibukan masing-masing oleh setiap anggotanya. Pentingnya memiliki struktur organisasi yang berdasarkan azas kekeluargaan yaitu tidak adanya pembubaran (kecuali perceraian) dalam keluarga tersebut. Hingga saat ini subfaces hampir tidak pernah absen dan konsisten menjadi crowd maker di setiap event party yang ada. Rasanya tidak berlebihan untuk menyatakan bahwa Subfaces memiliki peran yang krusial atau pioneer terhadap industry skena music ini di Surabaya, serta menjadi tolak ukur tingkat keseruan sebuah event party di Surabaya selama ada Subfaces di dalamnya.

Life always goes on, so does parties. That’s why Subfaces will be forever Surabaya party’s crowd maker.


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Negara dengan Rave Party Terunik. No. 4 Wajib Lo Liat!

img

DIFFERENTLY COOL

Mix n Match Kemeja Flannel Buat Nightout Nanti Malam!

img

READY TO PARTY

6 Hal Penting yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk SGF19