Normalize Anime in Dance Music Scene

BY
SHVR

May, 11th 2021

Yup! We all grew up with anime.
Buat kalian yang besar di tahun 90an pasti udah gak asing lagi sama anime yang selalu dijejelin  di beberapa tv nasional.

Memang di zaman itu industri anime juga lagi gila-gilanya, mulai dari genre comedy kayak Doraemon sampe sci-fi macam Gundam lengkap tersaji tinggal pilih sesuai referensi.

Anime galore buat anak 90an ada di hari Minggu, soalnya kita bisa kenyang nonton anime dari pagi sampe tengah hari di berbagai channel tv. Sebuah asupan weekend yang berfaedah sebelum menghadapi Senin untuk sekolah atau kuliah lagi.

Nyatanya, demam anime ini gak cuma di Indonesia. Seluruh dunia juga ikut merasakan hype anime ini, several musicians in dance music scene are no exception. Jadi gak heran ya kalo ada beberapa music video mereka dengan vibe anime.

Jauh sebelum para musisi garap music video mereka dengan vibe anime, ada seseorang bernama Jim Kaposztas sudah membuat karya music video dengan konsep anime ini.

Tepatnya di tahun 1982, saat Jim berumur 21, ia membuat video menggunakan dua VCR alias video recorder, then he edited the most violent scenes from Star Blazers to “All You Need Is Love” by the Beatles.

Semenjak itulah banyak orang-orang mulai bikin video serupa, menggabungkan visual potongan dengan audio dari lagu kesukaan mereka. Penggila video-video ini jumlahnya semakin banyak dari tahun ke tahun hingga sampai akhirnya ada tercetuslah sebutan Anime Music Video (AMV), sebuah nama untuk video fan made ini.

Bisa jadi, AMV ini juga yang mempengaruhi beberapa musisi dance music buat bikin MV berkonsep anime. Kita punya 5 music video from dance music scene with anime vibes.

So keep scrolling down to find out!

 

Daft Punk - One More Time

Duo dedengkot electronic Guy Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter ini merilis video bertema manusia luar angkasa yang sedang perform di sebuah panggung futuristik. “One More Time” pertama kali rilis di tahun 2000 sebagai single, barulah di 2001 lagu ini masuk ke dalam album “Discovery”.

 

Afrojack & David Guetta - Another Life ft. Ester Dean

Borrowing visual cues from futuristic anime like Ghost in the Shell, Texhnoloyze, and Metropolis, Afrojack dan David Guetta’s rilis video trippy ini di tahun 2017.

 

Cardi B - I Like It (Japan Anime Edition)

Hasil kolaborasi bareng Ruka Noguchi sebagai graphic designer dan Yasuhiro Yamashita untuk animator sukses mengimplementasikan Cardi B ke dalam dunia anime. Special animated version video ini menceritakan Cardi B keliling Jepang dan mampir ke tempat-tempat ikonik di sana, mulai dari tempat karaoke sampai kedai sushi.

 

Yaeji - Waking Up Down

Gaya animasi dan grafis MV ini ngingetin kita sama old-school anime di tahun 90an. Rilis di 10 Maret tahun lalu, lagu ini oke banget nih didenger buat sambil WFH.

 

The Weeknd & Ariana Grande - Save Your Tears (Remix)

Video yang baru dirilis dua minggu lalu (sejak artikel ini posting) udah ditonton oleh lebih 43 juta penonton. Buat yang penasaran kayak gimana videonya, langsung tonton aja di atas ya!

Dari kelima music video ini, mana yang menurut kalian paling keren? 
 


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Ørjan Nilsen atau DJ Governor Orion?

img

DIFFERENTLY COOL

Thrifting Fashion: Tren yang Hits di Seluruh Dunia

img

MODERN

Kolaborasi MARSHMELLO, TY DOLLA $ IGN DAN ALI GATIE