Sennheiser HD 25, Headphone dengan Teknologi Keren!

BY
SUBSPACE

August, 6th 2019

Headphone bagi para DJ adalah benda sakral. Tidak ada DJ yang meminjamkan  headphone-nya ke orang lain. Selain karena harganya yang relatif mahal, juga soal kebersihan seperti keringat yang menempel jika headphone itu dipakai orang lain. Karena headphone adalah equipment yang paling menempel pada DJ saat perform, maka selera pribadi dan style berpengaruh besar dalam memilih. Faktor kenyamanan, kualitas suara, dan bentuk kerap menjadi pertimbangan. Salah satu headphone yang paling populer diantara para DJ dunia adalah Sennheiser HD 25.

Sejak diluncurkan pada tahun 1988, bentuk Sennheiser HD 25 tidak banyak berubah sampai sekarang. Tentu saja ada sedikit pembaruan disana sini, dan sekarang HD 25 sudah mengeluarkan seri mark II dan edisi bercover metal sebagai seri signature 25 tahun mereka. Mereka juga pernah berkolaborasi dengan Adidas tanpa meninggalkan identitas aslinya.

Apa yang membuat HD 25 begitu populer? Paling utama adalah durabilitasnya. Konstruksi plastik berkualitas tinggi membuat headphone ini menjadi sangat ringan sehingga tetap nyaman digunakan berjam-jam saat perform. Juga enteng dibawa untuk DJ atau pengguna yang sering bepergian. Kabel dan pad pada kuping juga bisa diganti dengan yang baru sehingga secara keseluruhan performanya bisa tetap optimal. Tentu saja semua produk pasti ada batas usianya, pun banyak orang menggunakan HD 25 lebih dari 10 tahun. Bayangkan dibawa kemana-mana dengan situasi yang bermacam-macam dan tetap bekerja dengan baik.  Banyak pengguna yang menggunakan HD 25 lebih dari 10 tahun, lebih panjang usianya dibandingkan dengan headphone-headphone kekinian. Menang banyak, broh.

 

Image result for sennheiser hd 25

 

Selain itu, komponen dan suku cadang HD 25 relatif mudah dicari hampir di seluruh dunia. Karena bukan cuma para DJ yang menggunakan, tapi juga para pecinta musik, produser, dan profesional di bidang video produksi,dll.

Bentuk yang simple, tidak terlalu besar, ringan, dan kualitas suara yang ciamik menjadikan produk ini unggulan. Bentuk headphones on-ear memberikan kekedapan yang baik. Karena padnya yang nyaman dan ketat dapat mengisolasi  suara dari luar. Tidak ada penambahan pada setiap range frequency sehingga kita akan mendengarkan suara yang sama seperti produksi pada studio-studio rekaman (tentu saja jika semua menggunakan standar flat yang sama) seperti saat berada di DJ booth dengan suara hingar-bingar di sekitar.

Tentu saja ada beberapa kekurangan pada produk HD 25 ini. Seperti kabel straight-nya agak pendek dan mudah terpelintir.  Tapi mereka memberikan opsi kabel coil yang menurut kami sangat baik. Hanya saja bagian straightnya agak terlalu panjang, sehingga memberatkan dan agak mengayun saat kita bergerak. Selain itu lapisan padnya juga agak mudah retak dan lepas-lepas jika kamu termasuk orang yang mudah berkeringat di sekitar kuping dan leher, sehingga akan lebih sering mengganti pad. Walaupun begitu, jangka waktu penggantiannya biasanya dalam kurun setahun, jadi  tidak mahal juga.

Ada beberapa model yang kurang lebih bentuknya sama dengan HD 25 ini.  Seperti Phonia Nocs NS900 dengan bentuk ‘retro’ layaknya headphone era 70an dengan tangkai stainless steel yang melingkar di atas kepala. AIAIAI TMA series yang juga populer digunakan oleh para DJ dengan konstruksi plastik berwarna doff nya. Finishing dengan rasa karet yang nyaman di tangan dan ukuran pad yang cukup besar sehingga nyaman di kuping. Sekilas,  mungkin kita tidak akan menyadari perbedaan Pioneer HDJ S7 Series dengan HD 25, karena banyak pengguna yang mengatakan isolasi suara dari Pioneer lebih baik dari HD25 ataupun AIAIAI karena padnya lebih tebal. Tapi itu juga menyebabkan Pioneer memiliki ekstra berat dibandingkan kompetitornya. Di luar itu, banyak orang merekomendasikan Pioneer karena selain suku cadang yang juga dapat diganti dengan mudah, kualitas suaranya juga menandingi kualitas suara HD25.

Headphone merupakan pilihan personal. Disini kami hanya menampilkan beberapa pilihan populer diantara para DJ. Semoga artikel ini dapat membantu untuk memberikan pertimbangan tambahan buat kamu yang sedang memilih headphone untuk berbagai kebutuhan.

 

Salam.


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Negara dengan Rave Party Terunik. No. 4 Wajib Lo Liat!

img

DIFFERENTLY COOL

Tipe-Tipe Party People, Lo Termasuk Yang Mana?

img

DIFFERENTLY COOL

Jenis Sepatu Kece Buat Night Out Ini Wajib Lo Punya!