Pentingnya Musik dan Visual Art dalam Skena Party

BY
SUBSPACE

November, 21st 2019

Suksesnya perhelatan SHVR Ground Festival membawa banyak kenangan yang tidak terlupakan di benak para pengunjung malam itu, salah satunya pertunjukan visual art yang ditampilkan selama acara berlangsung. Memasuki area ICE BSD, mata pengunjung sudah disajikan dengan tatanan visual dan lighting yang apik dari visual artist SHVR Ground Festival. Belum lagi puncaknya saat guest star yang tampil, perpaduan music dan visual yang dimainkan, semakin membuat pengunjung seakan-akan berada di luar angkasa!

(photo credit by nareend)

Tidak hanya SHVR Ground Festival, ada juga festival lain bahkan gigs yang juga turut menyajikan visual art dengan media terbatas dan bisa dibilang ‘seadanya’. Banyak orang yang melihat bahwa musik dan visual merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain. Visual yang dipadukan dengan variasi musik yang kita dengarkan, juga dapat membuat kita memiliki intepretasi berbeda-beda.

Adanya visual dalam konser musik, party, dan event lainnya membuat para pendengar dapat menyerap beragam makna, yang diyakini juga hal ini menambah interaksi dan branding dalam acara tersebut. Kehadiran Video Jockey atau VJ saat ini memang gak kalah penting dalam sebuah party. VJ biasanya memanipulasi penikmat konser dengan menyesuaikan visual dengan beat music, mengubah efek dan warna visual, sehingga menjadi satu-kesatuan pertunjukan.

Tahu gak sih, kalau visual art juga bisa membranding musik sekaligus DJnya? Kalau kalian pernah lihat pertunjukan atau videoclip dari Skrillex, coba perhatiin permainan visual yang ditampilin deh. Skrillex merupakan salah satu DJ yang concern banget sama hal visual dan produksi. Ada juga the legend Armin Van Buuren yang bahkan berkolaborasi dengan salah satu artist, Carlo Ruijgers dari Eyesupply, sebuah kolektif VJ di Belanda sejak tahun 2008. Para artist biasanya membuat semacam system atau kode yang dapat memainkan visual berjalan selaras di masing-masing playlist. Wow, keren banget ya! Belum lagi permainan lighting yang atraktif, pasti membuat party lebih seru lagi.


0 Comment

You might like

img

MODERN

Nge-DJ di Alam Bebas, Why Not?

img

DIFFERENTLY COOL

Surabaya Party’s Crowd Maker

img

DIFFERENTLY COOL

PERJALANAN THE “DARK PRINCE OF TECHNO”