Kembalinya Funkot ke Skena Dance Musik Indonesia

BY
SHVR

February, 4th 2021

Mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah familiar dengan musik atau DJ funkot yang lagi ngehits sekarang ini, tapi kita juga tau pasti banyak dari kalian yang masih bingung sebenernya apa sih Funkot itu? Kok bisa ya rame banget sekarang?

Nah, kita akan coba jelasin lebih detail nih semua yang berhubungan dengan Funkot a.k.a Funkot 101. Funkot itu sendiri sebenernya adalah singkatan dari Funky Kota. Genre Funkot ini udah hits banget sejak tahun '90an dan awalnya muncul dari berbagai diskotik daerah Kota di Jakarta yang mencoba untuk membuat remix dari lagu-lagu Indonesia sebagai party anthem mereka. Karena hal tersebut, Funkot juga mempunyai nama hits lainnya yaitu House Kota.

Selain itu, ada juga salah satu musisi pelopor utama yang mempunyai pengaruh besar dalam membuat genre Funkot ini dikenal oleh banyak orang yaitu, Barakatak. Pada tahun '90an Barakatak mengeluarkan lagu yang memiliki genre House Kota dengan judul “Musyiknya Asyik” dan pada saat itu berhasil menjadi sebuah hits. 

Karakteristik dari genre Funkot ini merupakan campuran dari musik Funky House dan juga dangdut dengan tempo sekitar 160 sampai 220 bpm (whoops someone is ready to having a party!). Pada musik Funkot juga biasanya terdapat sampel suara vokal yang khas banget seperti "ay!", "are you ready?", dan "one, two, three, four".

Funkot sempat menjadi outsider dari skena dance musik Indonesia karena musiknya yang dianggap ketinggalan jaman, tapi sekarang ini Funkot kembali eksis dikarenakan banyaknya kolektif dan juga DJ, seperti Prontaxan, Tian Storm & Ever Slkr, dan Feel Koplo yang membawakan Funkot agar bisa dinikmati oleh para anak muda. Dengan membuat remix dari berbagai lagu yang lagi hits sekarang ini, mereka berhasil membuat banyak orang gak pake malu buat joget atau party pakai lagu-lagu Funkot ini. 

Ramainya musik Funkot sekarang ini juga membuat banyak anak muda mencari tau lebih dalam perihal musisi-musisi berpengaruh di dalamnya, sehingga membuat beberapa nama musisi legendaris Funkot seperti Barakatak kembali hits dan sering diundang untuk tampil di beberapa gigs atau party sekarang ini. 

Oh iya, musik Funkot ini juga gak cuma terkenal di indonesia aja lho! Karena di Jepang banyak orang yang suka banget party pake lagu-lagu Funkot. Mandokoro Takano yang merupakan seorang DJ menjadi salah satu pionir yang memperkenalkan musik Funkot ini kepada orang-orang di Jepang dan hasilnya ternyata genre ini bisa masuk ke selera mereka.


7 Comment

Rezi

2 months ago

ccs apalagi

REPORT

Sadam

4 months ago

mantap

REPORT

Yuantoro

4 months ago

Wow

REPORT

Kamelia

4 months ago

Oh

REPORT

Fajar

4 months ago

Agak gmn gitu

REPORT

yogy

4 months ago

kereeeennn

REPORT

Raoul

4 months ago

Yes bringback funkot!

REPORT

You might like

img

READY TO PARTY

Cari Tahu Fakta Seru Tentang Marshmellow Disini!

img

MODERN

Tips Buat Lo yang Pengen Jadi Produser Musik Dance!

img

DIFFERENTLY COOL

5 Tips Untuk Menjadi Party Photography ala Vinodii