Kolaborasi Hip-Hop & Dance Legend yang Wajib Lo Denger

BY
SHVR

July, 23rd 2019

Kolaborasi antara musisi hip-hop dan para DJ musik dance bukanlah hal yang baru. Udah banyak banget karya-karya keren yang ada dan bisa dinikmati sampai saat ini. Perpaduan karakteristik dari masing-masing genre,  emang pas banget buat disatuin. Bahkan, lagu macam begini sering banget diputerin pas lagi party, buat nemenin lo joget. Dari sekian banyaknya kolaborasi, ada 5 lagu yang masih nge-hits sampai sekarang. Engga salah, kalo lagu ini disebut sebagai legend di dunianya dan wajib lo dengerin. Langsung aja, ini dia nih lagu-lagunya!

 

 

1. Black Eyed Peas - I Gotta Feeling produced by David Guetta (2009)

 

Pasti lo udah tau, kalau Black Eyed Peas adalah grup musik asal Amerika yang beranggotakan rapper will.i.am, apl.de.ap, Taboo dan penyanyi Jessica Reynoso (sebelumnya Fergie). Dulunya, mereka mengusung genre alternatif hip-hop, bisa lo dengerin dari lagu “Joints And Jam” yang rilis tahun 1998. Terus, di tahun 2009 mereka berevolusi dan hal itu adalah keputusan tepat karena lagu yang diproduseri oleh David Guetta “I Gotta Feeling” jadi hits banget. Sampai sekarang pun, banyak club-club di jakarta yang mainin lagu ini. Abis gimana dong, lagunya emang enak banget buat joget. Engga main-main, lagu ini juga ada di posisi 5 Billboard Hot 100 Songs of the Decade, sebagai musik dengan penjualan terbaik dan paling banyak diputar dari tahun 2000-2009, lho.

 

 

2. Swedish House Mafia feat. Tinie Tempah - Miami 2 Ibiza (2010)

 

Bagi pecinta progressive house music, Swedish House Mafia pasti udah engga asing di telinga lo. Gimana engga, grup DJ beranggotakan Axwell, Steve Angello dan Sebastian Ingrosso ini dikenal sebagai “the faces of mainstream progressive house music”. Saking populernya, di tahun 2011 mereka berhasil menjadi grup EDM pertama yang tampil di Madison Square Garden dan tiketnya sold out hanya dalam 12 menit. Madison Square Garden sendiri adalah stadium di New York paling terkenal di dunia, dan menjadi sebuah milestone penting yang menunjukan kesuksesan seorang musisi. Selain itu, mereka juga berhasil menjadi Best Electro/Tech House versi International Dance Music Awards (IDMA) pada tahun 2013.

Walaupun kebanyakan orang mengira mereka melejit karena “Don’t You Worry Child” tapi nyatanya Swedish House Mafia udah lebih dulu meraih kesuksesan pada tahun 2010 berkat “Miami 2 Ibiza”. Lagu ini adalah hasil kolaborasi mereka dengan UK hip-hop powerhouse, Tinie Tempah.  Engga cuma itu, mereka juga meraih BPI Gold Sales Award di UK dan GLF Platinum Sales Award di Swedia berkat lagu ini.

Coba deh dengerin lagunya, pasti lo bakalan ngerasa familiar karena emang lagu mereka ini udah sering diputar di mana-mana buat nemenin para pecinta joget. Udah gitu, beat-nya emang asik banget ditambah sama flow nge-rapnya Tinie Tempah yang jempolan. Preach!

 

 

3. Tiesto & Diplo feat. Busta Rhymes - C'mon (Catch them all by surprise) (2011)

 

Sebenarnya, awalnya lagu ini di-release secara instrumental pada tahun 2010 dengan judul “C’mon”. Nah lalu, pada tahun 2011 dikeluarkanlah versi vokalnya, kolaborasi dengan rapper Amerika, Busta Rhymes. Perpaduan antara Trance, Electro House dan Hip Hop di lagu ini kerasa banget. Lo bisa denger suara drum bass berulang dari Tiesto, bassline menonjol punya Diplo plus rima rap-nya Busta Rhymes. Lagu ini, bisa dibilang batu loncatan buat Tiesto sebagai pioneer dari Trance DJ.

Tadinya, "C'mon (Catch em' by Surprise)" bakalan jadi first single dari Album Tiesto yang engga pernah release karena ia membuat seri Club Life. Seri ini adalah kompilasi dari original mix milik Tiesto, yang sampai saat ini udah ada 5 album, yaitu Club Life: Volume One Las Vegas (2011),  Club Life: Volume Two Miami (2012),  Club Life: Volume Three Stockholm (2013), Club Life: Volume Four New York City(2015) dan ClubLife, Vol. 5 - China (2017).

 

 

4. A$AP ROCKY - Wild For The Night  ft. Skrillex, Birdy Nam Nam  (2013)

 

Sekarang giliran Skrillex berkolaborasi dengan A$AP Rocky, di mana dia menjadi produser dari lagu “Wild for the Night”. Lagu ini rilis pada tahun 2013 saat penggabungan musik dance dan hip-hop memang udah banyak dilakuin para musisi. Tapi, kalau lagu ini pasti kalian tahu karena emang punya riff yang bikin nagih dengan kentalnya polesan dubstep a la Skrillex. Eits, engga cuma itu, rap-nya A$AP Rocky juga punya flow yang catchy di telinga sehingga ngebungkus lagu ini jadi salah satu musik lintas genre dance dan hip-hop sepanjang zaman. Sedikit fun facts, adanya lagu ini adalah awal dari karya-karya Hip Hop vs Dance milik Skrillex yang baru-baru ini dia keluarin seperti, Pusha T -  “Burial,” “No Chill” - Vic Mensa, and Rick Ross - “Purple Lamborghini.”

 

 

5. Daft Punk feat. Pharell Williams and Nile Rodgers - Get Lucky (2013)

 

Mulai dari rap, nyanyi hingga nulis lagu dan jadi produser, Pharell Williams adalah paket komplit. Maka dari itu, kolaborasi dia dengan grup French Disco, Daft Punk bisa dibilang komposisi yang pas. Daft Punk sendiri adalah grup French House Disko yang punya penampilan unik dengan memakai helm saat tampil. Selain itu, jangan lupa kalau ada Nile Rodgers yang bertindak sebagai gitaris. Buat warna musiknya sendiri, “Get Lucky” ini enak banget dipakai buat goyangin badan. Engga heran sih, karena semua lagu Daft Punk emang unik-unik, dan bikin kita langsung tahu itu adalah lagu mereka saat dengerinnya.  Lagu ini bisa dibilang musik legend juga, soalnya emang banyak yang suka dan masih dimasukin ke playlist orang-orang sampai sekarang. Sebagai bukti betapa kerennya lagu ini, pada tahun 2014 mereka menang Record of the Year and Best Pop Duo/Group Performance di 56th Annual Grammy Awards, lho.

Nah, itu dia lagu-lagu kolaborasi lintas genre dari hip hop vs musik dance yang legend dan wajib lo masukin playlist terus dengerin. Kira-kira dari 5 lagu di atas apa yang jadi favorit lo? Atau lo punya lagu lain yang lo suka? Share dan komen di bawah ya!


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Kangen Sama JACK Ü? Tunggu Reuni Mereka Tahun Depan!

img

READY TO PARTY

Track Terbesar Swedish House Mafia di TomorrowLand

img

DIFFERENTLY COOL

Cerita Pergerakan Musik Elektronik Indonesia!