Istilah Yang Lo Harus Tau Seputar Per-DJ-an!

BY
SHVR

October, 14th 2019

Berminat buat jadi DJ? Nah, buat menggapai mimpi lo itu, ada beberapa hal yang harus lo tau biar perjalanan lo lancar, Shiverian. Sebelum memutuskan menjadi DJ, lo harus paham dulu sama istilah-istilah di dunia DJ yang sering digunain. Apa aja sih? Simak deh beberapa istilah DJ berikut yang wajib lo tau!

 

 

1. BPM

 

Pasti lo pernah denger istilah DJ yang satu ini kan? Nah, BPM merupakan singkatan dari Beats Per Minute, yaitu satuan angka yang gunanya adalah menentukan tempo track lo. Atau lebih jelasnya lagi, BPM adalah jumlah ketukan suatu lagu dalam satu menit. Kalo misalnya lo nganggukin kepala, atau nge-tap kaki lo ke tanah berulang kali, itu tandanya lo lagi ngitungin beats yang dimiliki dari satu track selama satu menit. Nah, sekarang lo tau kan kenapa namanya adalah Beats Per Minute?

 

 

2. Beatmatching

 

Onto the next one! Sekarang, kita ketemu sama istilah yang namanya beatmatching. Kalo diartiin secara lepas, beatmatching artinya adalah “nyocokin beat” atau “ngepasin beat” yang ada di dua track yang berbeda. Yup, konsep beatmatching adalah satu kondisi di mana ketika ada dua track yang berbeda, namun DJ kepikiran buat ngemix/blend dua track tersebut jadi satu kesatuan baru, atau, istilahnya, mixingan baru. Kreativitas lo sebagai orang yang mau mulai nge-DJ bisa banget dites ke konsep beatmatching ini, Shiverian.

 

 

3. Break

 

Nah, yang ini pasti juga jadi salah satu bagian yang bikin kita bener-bener nikmatin saat dengerin EDM. Break merupakan satu momen di mana ada bagian yang berganti dalam satu track dan memberikan mood yang berbeda. Biasanya, dalam break terdapat hook atau riff yang menjadi faktor pembeda, dan seringkali bakal bikin lagu itu lebih ikonik

 

 

4. Scratch

 

Istilah DJ berikut ini salah satu hal yang paling familiar dalam dunia per-DJ-an. Bunyinya yang khas pasti bakal bikin kita langsung ngeh kalo bunyi ini datang dari DJ yang begitu lihai memainkan deck-nya. Biasanya, teknik scratch ini dipaduin sama sebuah track yang dijadiin background di belakangnya. Kalo bisa dibilang, teknik ini termasuk salah satu teknik yang cukup old-school yang biasa dilakuin sama para DJ, terutama DJ yang masih menggunakan pelat hitam.

 

 

5. Juggle

 

Pernah denger ada satu track yang lo rasa mirip sama lagu lain? Atau dengerin satu lagu tapi ngerasa ada yang beda dari lagu itu? Nah, itu adalah contoh dari konsep juggle, yang emang sangat familiar dan lekat dengan para DJ. Juggle adalah sebuah aksi di mana DJ melakukan rearranging sampel-sampel musik yang ada dan ngebikin jadi satu track yang baru. Sama halnya sama konsep beatmatching, juggle juga menuntut para DJ untuk lebih kreatif dalam menjalankan tugas mereka sebagai DJ yang the real deal!

Yup, sekarang lo udah semakin tau sama beberapa istilah DJ yang penting dan wajib lo kuasai. Apa lagi langkah selanjutnya? Pastinya, latihan lah! Layaknya musisi/performer lainnya, jadi DJ butuh kesabaran dan kemauan buat selalu belajar dan latian, Shiverian.


9 Comment

E

18 days ago

Siap. Semuanya butuh latihan

REPORT

Lambang

19 days ago

Baru tau, nice info

REPORT

Reno

19 days ago

Keren

REPORT

Ilham

25 days ago

Udah pernah :v

REPORT

Yudhi

25 days ago

Nambah info nih

REPORT

Kurnia

a month ago

Kapan bisa ngdj

REPORT

Delisa

4 months ago

nice info

REPORT

Kamal

7 months ago

I'm not a dj,i'm music lover ????

REPORT

Syifa

9 months ago

Jadi mau belajar nge Dj ????

REPORT

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

The Rise of an Asian Star, Peggy Gou

img

READY TO PARTY

Ørjan Nilsen atau DJ Governor Orion?

img

MODERN

Bikin Musik EDM? Follow This Guide!