Tips Buat Lo yang Pengen Jadi Produser Musik Dance!

BY
SHVR

July, 23rd 2019

Udah bertahun-tahun lamanya sejak lo suka sama musik dance. Sehari-hari engga akan lo lewatin tanpa dengerin jenis musik yang satu ini. Musiknya yang punya beragam genre, emang selalu engga ngebosenin untuk didengerin. Beat-beat yang ada dari musik ini, juga ampuh buat bikin lo jadi lebih seneng. Apalagi, kalo sambil joget pas lagi party. Nah, saking demennya udah mendarah daging, ada di antara lo yang tertarik untuk jadi produser musik dance. Tapi, bingung mulai dari mana? Ini nih tipsnya!

 

 

1.Pilih Tools dan Terus Eksplor

 

Buat bisa memproduseri musik ini, tentunya lo perlu tools atau dikenal Digital Audio Workstation(DAW) sebagai tempat untuk bikin karya-karya musik lo. Banyak pilihan yang bisa lo pilih dan bisa disesuaikan sama kebutuhan. Sebagai rekomendasi, lo bisa gunakan aplikasi yang populer seperti Ableton Live, Pro Tools, FL Studio, Reason dan Cubase. Cukup pilih satu aja, terus mulailah untuk coba eksplor tanpa petunjuk apapun. Biarkan pikiran lo beradaptasi dengan sendirinya dan buat jadi nyata musik yang terngiang-ngiang di kepala lo. Emang sih, mungkin lo akan mengalami kepusingan tapi itu normal, jadi nikamati prosesnya.

 

 

2. Cari Inspirasi dan Lihat Tutorial

 

Pasti lo punya musisi musik dance yang disuka. Lo bisa jadiin mereka sebagai inspirasi dalam membuat musik. Sebagai awalannya, coba deh buat remix lagu-lagu mereka dengan versi dan ciri khas lo. Selain itu, lo jangan sampai lupa untuk terus-terusan memperdalam ilmu dengan lihat tutorial yang saat ini udah ada di mana-mana. Saat lo mulai memproduksi musik nanti, pasti akan ada momen lo akan menemukan masalah, entah lagu lo tak bertransisi dengan baik, atau bassline lo meleset. Tinggal browsing internet dan ikuti info yang ada di Google atau YouTube.

 

 

3.  Perluas Koneksi dan Branding

 

Di sini kebiasaan lo untuk produksi musik dan meminta feedback diperlukan. Saat lo selesai memproduksi 1 atau 2 lagu, ingatlah buat selalu meminta feedback dari teman-teman lo. Caranya gampang, lo tinggal mulai untuk membuat personal brand yang mana menjadi jalan agar musik lo di kenal lebih banyak orang. Hal pertama yang paling penting, lo harus punya stage name yang 100% lo yakini engga akan diganti-ganti. Bagusnya, sih pakai nama sendiri agar orang mudah untuk dikenal orang.

Nah, setelah lo udah punya stage name, bikin page di Mixcloud, Soundcloud, Facebook, YouTube, Bandcamp atau apapun. Platfrom-platfrom tersebut adalah tempat lo menyebarluaskan karya-karya lo kepada dunia. Upload foto profil yang keren dan catchy, sebarkan ke teman-teman lo dan paling penting jangan sampai nge-spam, ya.

 

 

4. Lakukan Hal Lainnya Selain Bermusik

 

Stop producing, stop mixing, stop listening to electronic music.

Lho kok berhenti?

Alasannya karena memproduksi musik butuh pikiran yang segar sehingga bisa ngeluarin ide-ide cemerlang. Saat lo udah mulai tertekan saat memproduksi sesuatu, jangan dipaksa dan cobalah untuk berhenti sejenak. Baca buku, beres-beres rumah, hangout bareng teman atau nonton film atau apapun, lakukan semua itu dan nikmati. Jika lo serius ingin menjadi produser musik dance, hal tersebut akan menjadi perjalanan yang panjang. So, remember to take a break from the work and enjoy life.

Jadi, itu dia tips-tips yang bisa lo lakuin kalau lo baru mau mulai untuk terjun jadi produser musik dance. Kalau lo sendiri, udah sampai mana nih prosesnya? Share di kolom komen, ya!


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Ide Party Pas Halloween

img

READY TO PARTY

"Good Faith" Album Baru Dari Madeon Resmi Dirilis

img

DIFFERENTLY COOL

Film Tentang Rave Party yang Wajib Lo Tonton!