Evolusi DJ Gear dari Jadul Sampai Sekarang!

BY
SHVR

November, 6th 2020

Hai Shiverian, tau gak kalau DJ Gear musik EDM itu gak melulu tentang elektronik lho, mentang-mentang nama musiknya aja udah electronic dance music. Nyatanya, musik elektronik atau tekno  itu sudah ada dari tahun 1970-an dan tentu saja sama dengan DJ gear nya. Penasaran gak, gimana sih evolusi DJ gear dari dulu sampai sekarang? Ini dia!

Vinyl & Turntable (1970 - 1980 an)

Emang gak bisa dipungkiri sih kalau turntable itu adalah ikon DJ yang mendunia dan juga klasik banget. Tapi di tahun 1970 sampai 1980 an, para DJ masih ngandelin vinyl buat memutarkan lagu-lagu pilihan mereka. Pada masanya, musik yang biasanya diputar bergenre Hip-hop hingga classic disco dan juga teknik scratching, yang dimana hal itu bikin turntable jadi terkenal sebagai salah satu bentuk iringan untuk mengiringi para rapper bernyanyi.

CDJ (1990 an)

Seiring berkembangnya teknologi, di tahun 1990 an, Turntable yang  biasa dipakai para DJ mulai berevolusi jadi CDJ. Bisa dibilang, turntable di era 90 an ini mengadopsi teknologi CD atau compact disc sebagai pengganti vinyl yang beken di era sebelumnya. Itu juga kenapa turntable ini namanya CDJ. Berkat evolusi menjadi CDJ ini, para DJ di era 90 an udah gak perlu lagi buat ngebawa vinyl dari klub satu ke klub yang lainnya. Karena pakai CDJ, para DJ bisa mengakses cue point dengan cepat dan bisa punya lebih dari satu cue point juga.

Software & Effect (2000 an)

Abis dari CD, dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, para DJ di jaman sekarang ini sudah berganti menggunakan MP3. Dikarenakan fenomena internet dan website downloader yang semakin banyak, akhirnya para DJ memiliki akses yang lebih mudah dan cepat untuk dapetin lagu-lagu yang sudah mereka persiapkan. Selain itu, adanya software DJ dan efek-efek yang ditawarkan di dalamnya, makin bisa untuk bikin lagu yang remix makin variatif dan juga meriah.

Keren banget kan evolusi yang dialami oleh DJ gear dari 1970 an hingga sekarang? Nah, lo bisa bayangin sendiri gimana perjuangan para DJ yang ngikutin evolusi dari DJ gear ini, kayak Giorgio Moroder, Derrick May dan Larry Heard. Mereka gak mau kalah sama teknologi dan tetap berkarya dari masa susah sampai gampang. Nah, buat para Shiverian yang pengen nyobain jadi DJ juga, semoga makin semangat ya!


5 Comment

Rezi

3 days ago

Jir keren juga ya ternyata edm

REPORT

E

7 days ago

Koq tau kalau aku mau nyoba jadi dj

REPORT

IAM

21 days ago

Ok

REPORT

Yuantoro

23 days ago

Hmmm

REPORT

Kamelia

24 days ago

Nice

REPORT

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Dance Music Video Paling Banyak Ditonton di Youtube!

img

DIFFERENTLY COOL

Sennheiser HD 25, Headphone dengan Teknologi Keren!

img

DIFFERENTLY COOL

Seputar Barong Family yang Lo Harus Tau!