Sejarah Musik House Dan Aktor-Aktor yang Mempengaru

BY
MOKO

July, 26th 2019

Frankie Knuckles, merupakan salah satu DJ terkemuka yang berada di Amerika pada tahun 1970an. Ia bukan hanya seorang DJ melainkan architect of sounds karena ia bereksperimen dan menciptakan dimensi baru pada dunia musik. Frankie Knuckles seringkali mendapat julukan The Godfather of House karena beat-beat yang ia ciptakan. Pada tahun 1977, The Godfather of House tersebut berkerja sebagai DJ di sebuah club yang terletak di daerah Chicago yang bernama The Warehouse.

The Warehouse merupakan sebuah club yang memainkan lagu-lagu musik house yang diciptakan oleh Frankie Knuckles. The Godfather of House berkerja di tempat tersebut atas rekomendasi dari teman kecilnya yaitu, Larry levan akan tetapi takdir berkata lain dan Larry Levan malah menjadi resident DJ di Paradise garage.

Frankie Knuckles, merupakan salah satu DJ terkemuka yang berada di Amerika pada tahun 1970an. Ia bukan hanya seorang DJ melainkan architect of sounds karena ia bereksperimen dan menciptakan dimensi baru pada dunia musik. Frankie Knuckles seringkali mendapat julukan The Godfather of House karena beat-beat yang ia ciptakan. Pada tahun 1977, The Godfather of House tersebut berkerja sebagai DJ di sebuah club yang terletak di daerah Chicago yang bernama The Warehouse. The Warehouse merupakan sebuah club yang memainkan lagu-lagu musik house yang diciptakan oleh Frankie Knuckles. The Godfather of House berkerja di tempat tersebut atas rekomendasi dari teman kecilnya yaitu, Larry levan akan tetapi takdir berkata lain dan Larry Levan malah menjadi resident DJ di Paradise garage.

Larry Levan merupakan sebuah DJ yang lahir di Brooklyn, New York, Amerika.  ia adalah seorang DJ yang kerap memainkan dentuman-dentuman ciamik yang selalu dapat membuat orang berjoget ria. Ia adalah DJ pertama yang meyakinkan dunia bahwa terdapat banyak hal untuk menjadi seorang DJ, bukan hanya sekedar  memainkan lagu satu demi satu tetapi menggabungkan kedua lagunya atau bahkan memainkan nya secara bersamaan dan Ia adalah salah satu DJ yang memperkenalkan musik house ke masyarakat.  Selama 10 tahun dari 1977 hingga 1987, Levan adalah bintang di Paradise Garage, salah satu club underground yang meramaikan musik house. Paradise Garage adalah club pertama yang menjadikan DJ sebagai pusat perhatian dan tempat tersebut lebih berfokus pada musik daripada interaksi antar pengunjung.

House berevolusi sangat kencang di dua kota yang terdapat di Amerika yaitu, Chicago dan New York. Hal tersebut terjadi atas dua pionir house musik yang berada di masing-masing kota yaitu, Frankie Knuckles di Chicago dan Larry Levan di New York. House musik berkembang di Amerika, dikarenakan genre tersebut menjadi sebuah kebutuhan kaum yang tertindas untuk membangun komunitas melalui lagu dan tarian. Bila kita lihat melalui sudut pandang yang berbeda, House musik dikaitkan dengan orang kulit hitam, gay, dan hal-hal lain yang tidak diakui oleh orang kulit putih.

Pada masa itu, bagi orang kulit putih. House dianggap sebagai musik yang “gay” dan ditujukan bagi orang kulit hitam. Hal tersebut melenceng dari tujuan musik house yang ingin menyatukan ras, orientasi seksual dan latar belakang melalui lagu. Menurut Frankie Knuckles, banyak orang yang tidak bisa menerima fakta bahwa musik house dimulai di club yang berisi orang-orang gay.  Karena pemikiran masyarakat yang sempit, rasis dan dengan adanya politisasi perusahaan musik maka perkembangan musik house pada tahun 1980an menjadi terhambat.


0 Comment

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Selain Trance, Lo Musti Tau Genre Dance Musik Ini!

img

READY TO PARTY

Perkembangan Skena Musik Drum n Bass di Surabaya

img

READY TO PARTY

5 PERFORMANCES YANG WAJIB LO LIAT DI SGF19