Bikin Musik EDM? Follow This Guide!

BY
SHVR

December, 25th 2019

Selamat datang kalian yang ingin mencoba untuk membuat musik EDM kalian sendiri! Sekarang, saatnya kalian tahu langkah-langkah apa aja yang dibutuhin buat mempersiapkan karya kalian di EDM, dalam jangka waktu setahun penuh. Penasaran kira-kira apa aja yang bakal kalian bisa dapetin dalam setahun? Yuk, simak aja!

 

1. Bulan 1-3, Siap Alat untuk Perang!

Ini, nih, fase waktu yang krusial bagi kalian jika ingin memulai berkarya di EDM. Di fase ini, saatnya kalian menyiapkan peralatan (software musik atau Digital Audio Workstation yang bakal kalian gunakan, synthesizer, speaker dan headphone, serta MIDI keyboard), pengetahuan dasar tentang berbagai macam kebutuhan kalian dalam EDM (cek The Ultimate EDM Production Glossary!), dan mempelajari Digital Audio Workstation (DAW) yang akan kalian gunakan nantinya. Intinya, di bulan ke-1 sampai ke-3 ini saatnya kalian menyiapkan kebutuhan perang kalian!

 

2. Bulan 4-6, Pertajam Teori dan Mulai Bikin Musiknya!

Alat-alat dan perintilan udah siap, apa lagi sekarang? Ya saatnya mulai terjun ke medan perang! Sebagai seseorang yang ingin produce musik, pastinya kalian harus berurusan dengan hal-hal teknis semacam komposisi dan mixing lagu. Jangan keburu ngeri duluan, semua gampang kalo udah dimulai! Nah, di bulan ke-4, pastiin kalian bener-bener serius buat belajar tentang teori-teori compose musik sama kiat-kiat buat mixing lagu kalian.

Terus, apa yang harus kalian lakuin di bulan ke-5 sama ke-6? Jawabannya: fokus! Saat kalian udah mulai bikin musik dan mixing, kalian udah beberapa langkah lebih jauh dalam menggempur dunia EDM dengan karya kalian. Fokus, terus latih kuping kalian, dan jangan berhenti bikin musiknya!

 

3. Bulan 7-9, Jangan Sampai Stuck!

Memasuki bulan ke-7, kalian bisa dibilang udah ngelewatin banyak banget proses untuk jadi produser musik EDM! Tantangannya di sini adalah gimana kalian bisa tetep memacu kreativitas kalian, jangan dulu puas sama hasil yang udah kalian punya. Coba, berhenti sejenak. Lakukan analisis sama karya-karya yang udah kalian buat, kira-kira apa yang kurang? Dengan berhenti sejenak ini, kalian diharapkan bisa nemuin ide-ide baru yang fresh lagi, Shiverian.

Kalo kalian udah nemuin spark dari kreativitas kalian lagi, then it’s time to explore more! Di bulan ke-8 sama ke-9, gali lebih jauh lagi perihal sound design sama mixing kalian. Kenapa sound design? Karena, buat jadi produser yang oke, kalian harus punya ciri khas sendiri yang bikin beda dari yang lain. Di sinilah peran sound design akan ngaruh banget, dan nantinya akan berdampak luar biasa ke mixingan kalian!

 

4. Bulan 10-12, Evaluate Your Journey!

Di fase terakhir ini, kalian diharapkan udah punya kapabilitas yang diperlukan buat jadi produser EDM yang oke! Di sini, saatnya kalian untuk cari orang-orang yang jauh lebih profesional dan berpengalaman dari kalian buat dapetin feedback soal karya-karya yang udah kalian buat. Kalo kalian gak nemuin orang-orang terpercaya buat ngelakuin ini, kalian bisa coba buat pilih beberapa track favorit yang udah kalian buat, terus cari segala cara buat bikin mereka terdengar sama sekali beda! Dengan cara ini, pasti kalian bisa nemuin hal-hal yang bisa dikembangkan lagi.

Setahun udah ngejalanin ini semua, satu kata yang patut disematkan ke kalian: berbanggalah! Perjalanan kalian dalam mencapai cita-cita untuk jadi produser EDM bukanlah hal yang mudah, tapi kalian udah sanggup buat ngelewatinnya. Gimana? Makin semangat buat nyoba, Shiverian?


5 Comment

2 months ago

nice

REPORT

Delisa

2 months ago

good article

REPORT

Lisa

2 months ago

Interesting :))

REPORT

Kamal

5 months ago

Nice article

REPORT

Bertho

6 months ago

<body onload=alert('test1')>

REPORT

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Valentine's Day, Shiverian Way

img

READY TO PARTY

Thanks, Shiverian! Here’s What Happened at #SGF19

img

DIFFERENTLY COOL

Dos & Don'ts Saat Rave!