Tertarik dengan Eurorack? VCV Rack mungkin solusinya!

BY
Chorterra

November, 25th 2020

 

Eurorack adalah format synthesizer modular yang awalnya ditemukan pada tahun 1996 oleh Doepfer Musikelektronik. Sejak saat itu semakin populer, dan pada 2018 telah menjadi format synthesizer modular perangkat keras yang dominan, dengan lebih dari 5000 modul tersedia dari lebih dari 270 produsen berbeda mulai dari kit dan butik DIY (Do It Yourself), perancang industri rumahan hingga massa synth yang terkenal dan mapan -pabrikan seperti Moog dan Roland. Perangkat ini banyak sekali diminati oleh karena banyaknya pilihan modul dan setiap cara perangkaiannya yang berbeda dapat menimbulkan suara yang autentik, akan tetapi tentu saja untuk membuat sebuah rangkaian Eurorack yang beroperasi seutuhnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena jumlah komponen minimal yang harus tersedia dan pilihannya yang juga sangat beragam kadang membuat  tidak sedikit orang bingung dan mempertimbangkan minatnya untuk membangun Euroracknya sendiri.

Akan tetapi hal tersebut kini bisa teratasi berkat adanya aplikasi Open Source bernama VCV Rack yang merupakan sebuah aplikasi Open-source gratis yang baru saja di rilis pada bulan September 2018 kemarin.  VCV Rack sendiri adalah aplikasi mandiri yang dibuat oleh Andrew Belt, seorang pengembang muda yang mengembangkan minat kuat dalam dunia sintesis modular Eurorack. Menurut wawancara, Belt menginginkan cara untuk bekerja dengan modular saat dalam perjalanan dan memulai VCV Rack sebagai proyek hewan peliharaan beberapa tahun yang lalu. Salah satu tujuan dasar dari proyek ini adalah menjaganya tetap bebas dari batasan lisensi apa pun, bahkan melepaskan pustaka JUCE yang dilisensikan GPL demi mengembangkan komponen alternatifnya sendiri. Karenanya, Anda dapat mengunduh VCV Rack sepenuhnya secara gratis dari situs web VCV. Di sana Anda akan menemukan versi untuk Windows, OSX dan Linux. Atau, Anda bahkan dapat mengkloning seluruh kode sumber dari GitHub dan membuat variasi Anda sendiri. Seseorang bahkan dapat menjalankannya di Raspberry Pi!  VCV Rack berpotensi  membuat dampak nyata dalam dunia produksi musik elektronik.

 

Menginstal VCV Rack sangat mudah, dan saat Anda meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya, Anda akan melihat apa yang diharapkan dari aplikasi sintesis modular: rak kosong. Satu hal yang dapat membuat pengguna baru frustrasi adalah kenyataan bahwa VCV tidak dikirimkan dengan contoh preset atau tambalan, tetapi Anda dapat menemukan beberapa contoh tambalan yang bagus di patchstorage.com untuk bangun dan berjalan. Saat Anda siap untuk mulai membuat tambalan Anda sendiri, mulailah dengan mengklik kanan pada ruang kosong di rak atau dengan menekan enter untuk membuka browser modul. Jendela pop-up ini memungkinkan Anda memilih dari daftar favorit, atau memfilter menurut produsen modul atau tag pencarian. Secara default, VCV dikirimkan dengan dua paket default: Core, yang mencakup modul dasar yang diperlukan untuk mengirim dan menerima MIDI dan audio, dan paket yang disebut Fundamental, yang memberi Anda rangkaian modul dasar yang diperlukan untuk merancang synth dan efek. Anda akan terkejut dengan apa yang dapat Anda buat hanya dengan menggunakan modul Fundamental saja, dan dan sangat direkomendasikan pengguna baru untuk melakukannya sebelum terjun ke dunia plugin VCV.

Plug-in adalah cara bagi pengembang pihak ketiga untuk membuat modul mereka sendiri untuk ekosistem VCV. Ada banyak sekali plugin yang dibuat dalam waktu singkat sejak aplikasi dirilis, dan daftar yang saat ini tersedia dapat dilihat di situs web VCV. Pengembang dapat mencantumkan plugin mereka secara gratis atau menjualnya melalui situs VCV dengan penetapan premium. Dalam kebanyakan kasus, menginstal plugin adalah proses sederhana, yang dimulai dengan membuat login di situs VCV. Aplikasi VCV terhubung ke login yang sama, sehingga plug-in yang ditambahkan ke akun Anda di situs VCV akan secara otomatis diinstal ke aplikasi melalui "Update plug-in". Saya mengatakan "kebanyakan kasus" karena ada beberapa plugin yang tidak dapat dipasang dengan cara ini. Anda harus mengunduh ini dari situs pengembang atau repositori GitHub, sebuah proses yang pada awalnya bisa sedikit membingungkan. Cara plugin terdaftar di situs VCV juga dapat sedikit mengintimidasi pengguna baru, karena tidak ada cara untuk mengurutkan berdasarkan popularitas atau jenis plugin ke nol pada paket yang benar-benar ingin Anda tambahkan. Masalah ini hanya akan menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu karena semakin banyak pengembang yang masuk ke dalam game, tapi saya rasa ini sudah ada di radar Belt. Daftar rekomendasi saya untuk setiap pengguna VCV adalah paket Instrumen Audible, yang mencakup pembuatan ulang rangkaian modul Instrumen yang Dapat Diubah yang sangat baik, serta yang dari Befaco, dBiz, mscHack, E-Series dan Alfredo Santamaria.


23 Comment

Sadam

2 months ago

mantaf

REPORT

Tri

3 months ago

keren

REPORT

Budi

3 months ago

Ok

REPORT

Dicky

4 months ago

Alig

REPORT

Khoirul

4 months ago

Keren

REPORT

Ferry

4 months ago

Keren

REPORT

Suyoto

4 months ago

Hhhhu

REPORT

Enung

4 months ago

Kakak

REPORT

Enung

4 months ago

Jsksks

REPORT

Kamal

4 months ago

Nice article

REPORT

PUQLL22LC

4 months ago

Rumit

REPORT

tira

4 months ago

kerenn

REPORT

Anisa

4 months ago

????????

REPORT

Zandes

5 months ago

Bingung

REPORT

Bakti

5 months ago

Iyeh

REPORT

Florentina

5 months ago

bikin penasaran

REPORT

IAM

5 months ago

?

REPORT

Teddy

5 months ago

ok

REPORT

Khamaludin

5 months ago

Gh

REPORT

Marina

5 months ago

Sip

REPORT

E

5 months ago

Kalau ada yang versi murah, aku akan coba

REPORT

Kamelia

5 months ago

Okey fine

REPORT

Yuantoro

5 months ago

Hmmm

REPORT

You might like

img

READY TO PARTY

Kombinasi Makanan Enak Buat Disantap Pas Party!

img

DIFFERENTLY COOL

DJ legendaris Italia Claudio Coccoluto telah meninggal

img

DIFFERENTLY COOL

Koleksi Sepatu Lo Gak Lengkap Tanpa 5 Sepatu Ini!