TIPE TIPE DJ SELAMA PANDEMI

BY
David

February, 23rd 2021

Di masa pandemi seperti ini, ada baiknya kita mulai explore skill skill yang mungkin tidak sempat kita pelajari saat sibuk2nya seperti tahun kemarin. Salah satu skill yang diminati untuk di pelajari pada saat pandemi adalah DJ, namun belajar nge-DJ, ada baiknya kita tau dulu sejara DJ beserta detail-detail lainnya tenang skill memadu musik ini.

Pengertian DJ

Seorang disc jockey atau DJ adalah orang yang mahir dalam memilih serta memutar rekaman musik untuk para pendengar yang meminta diputarkan musik tersebut. Untuk menghibur audiens, seorang DJ akan meracik, memodifikasi, serta menghibur pendengar dengan memutar lagu-lagu yang disusun sedemikian rupa sehingga musik tersebut terus mengalir dan membuat pendengarnya terhibur.

Seorang disk jockey sangat terampil dalam menyusun lagu-lagu menjadi sebuah rangkaian yang mengalun dengan sempurna hingga dapat membuat para pendengar terhanyut dalam rangkaian lagu yang mereka susun. Bisa dikatakan bahwa DJ adalah seseorang yang memiliki kemampuan bermusik yang mumpuni.

Dulu DJ merupakan istilah profesi bagi mereka yang mahir dalam memainkan cakram atau media diska saja. Namun kini istilah tersebut tidak hanya mengacu pada kemahiran mengatur lagu/musik pada media cakram saja, tetapi juga dalam bentuk media yang lain.

Asal Mula Istilah DJ

Awalnya, istilah DJ digunakan sebagai sebutan seorang penyiar radio yang memperkenalkan atau memutar musik dari sebuah piringan hitam/ vinyl kepada para pendengar melalui radio. Mereka disebut sebagai DJ alias disk jockey karena aktivitas tersebut memiliki unsur “disk” di dalamnya.

 

Tipe-Tipe Disk Jockey

1.       Radio DJ

Radio DJ adalah disk jockey yang memutarkan musik untuk para pendengar melalui gelombang radio. Mereka biasanya akan membuka kesempatan bagi para pendengar untuk berpartisipasi dalam memilih lagu apa yang sebaiknya diputar lewat radio denagn mengirimkan request lagu.

2.       Club DJ

Club DJ adalah disk jockey  yang dapat dijumpai di klub-klub malam. Dia biasanya memainkan jenis musik seperti hip hop, trance, serta urban musik dalam sebuah setelan sound system club.

3.       Bedroom DJ

DJ yang satu ini adalah yang memiliki peralatan DJ namun tidak memainkannya di tengah keramaian orang. Justru dia hanya menjadikan aktivitas tersebut sebagai hobi dan hanya tampil di hadapan kerabat dekatnya saja.

4.       Mobile DJ

DJ tersebut adalah disk jockey yang berkeliling dengan peralatan DJ-nya yang bisa dibawa kemana-mana. Dia akan bermain dari lokasi satu ke lokasi yang lain. Acara yang biasa dijadikan sebagai tempat mobile DJ beraksi adalah di pesta pernikahan dan pesta perpisahan sekolah.

 

Nah, setelah tau sejarah dan jenis jenis DJ, kira kira kamu mau nge-DJ dari genre apanih?


0 Comment

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Mengenal IC3PEAK, Musisi Rusia yang Diinterupsi Negara

img

DIFFERENTLY COOL

Nostalgia ke Berbagai Tempat Party Legendaris

img

DIFFERENTLY COOL

Jenis Sepatu Kece Buat Night Out Ini Wajib Lo Punya!