Podcast!

BY
Deby

February, 23rd 2021

Bagi kalian yang suka ngobrol, ngoceh, atau ngebahas suatu topik dengan panjang lebar. Eiitttssss, ketahui deh bahwa industri podcast semakin melejit pada tahun 2021.

 

Pertumbuhan pendengar siniar (podcast) di Indonesia diprediksi makin melejit sepanjang 2021.

Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Yosi Mokalu mengatakan bahwa pada kuartal IV/2020 ada lebih dari 2.000 podcaster baru yang lahir dari program Kelas Podcast Siberkreasi. Hasil pendataan Spotify, Indonesia masuk 5 negara pengguna Anchor terbanyak lohh, maka besar kemungkinan akan ada kenaikan jumlah podcaster pada 2021.

Akan ada perubahan segmentasi pada 2021, yang mana para pemain podcast dan pengembang kelas siniar yang menyasar ke berbagai segmen profesional seperti pengajar dan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, jika melihat tren 2020 yang mana konten dengan topik horor, komedi, lifestyle, obrolan mendominasi genre yang diminati pendengar maka besar kemungkinan konten serupa dan konten dengan tujuan khusus (monolog) besar kemungkinan masih memiliki tempat bagi pendengar pada 2021.

 

Bagi kalian yang belum mulai untuk dengerin Podcast, mending langsung buru-buru download aplikasi podcast favorite lo biar nggak FOMO!

 

Ada juga tips-tips bagi kalian yang mau mulai bikin podcast:

1.   Pilih Platform Podcast yang paling favorite

Hal tersebut adalah platform di mana kita memposting podcast karena juga berperan dalam meningkatkan pendengar. Saat ini sudah ada banyak sekali platform yang dijadikan tujuan untuk mendengarkan podcast seperti Spotify, Google Podcast, dan Soundcloud. Baru baru ini juga ada nih, namanya Clubhouse. Hayooo siapa yang udah pada mulai main?

 

2.   Tuliskan Transkrip dari Audio Podcast-mu

FYI, membuat transkrip audio akan membantu platform podcast munculin profile kalian di mesin pencarian. Saat seseorang mencari suatu topik podcast di mesin pencarian, tentu transkrip yang kamu buat bisa muncul dan menarik perhatiannya. Saat mulai tertarik dengan transkripmu, tentu ia akan mencari podcast yang kamu buat dan mulai mendengarkannya. Jadi, cara yang satu ini cukup efektif untuk meningkatkan pendengar podcast yang kamu miliki.

 

3.    Gunakan Media Sosial dengan Baik

Memanfaatkan media sosial yang ada juga bisa dijadikan salah satu cara efektif untuk meningkatkan pendengar podcast.

Setelah menyelesaikan pembuatan konten untuk podcast, sebaiknya segera share lewat media sosial. Ini bertujuan agar para teman atau followers kalian di media sosial tahu bahwa kamu memiliki konten podcast terbaru. Menyebarkan link podcast di media sosial juga sangat mudah. Jadi, kamu bisa meminta bantuan dari teman, keluarga atau siapa pun untuk membagikannya. Dengan begitu, tentu basis pendengarmu bisa meningkat jika kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan baik.

4.    Improve Quality

Konsistensi adalah kunci utama untuk membuat podcast kita lebih sukses. Elemen terpenting yang harus dilakukan oleh setiap podcaster adalah kualitas dan konsistensi. Membuat konten yang berkualitas tidak hanya mampu menarik pendengar baru saja, tapi juga mempertahankan para pendengar lama.

Semangat bagi kalian semua yang akan memulai dan baru menggunakan Podcast sebagai platform baru buat explore hal baru!

 


0 Comment

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Bingung Pilih Tontonan Netflix? Coba Series Ini!

img

READY TO PARTY

5 Kuliner Buat Hangover yang Ampuh Bikin Lo Seger Lagi

img

DIFFERENTLY COOL

5 Lagu R&B Ini Masih Tak Lekang Oleh Waktu!