Mengenal 8D Audio

BY
Reyhan

February, 23rd 2021

Siapa yang gak kangen sama suara “All Around You” dari dolby di bioskop ini? Selama pandemi ini, bioskop udah tutup selama 8 bulan Shiverians, ga kerasa ya.
Tau ga teknologi yang digunakan dolby atmos ini, dikenal dengan nama teknologi suara kitar. Teknologi ini dapat menyebarkan suara dalam ruang tiga dimensi dengan penerapannya meletakkan beberapa pelantang suara di langit-langit studio.

Namun siapa sangka, di dalam dunia musik, prinsip yang sama yang digunakan oleh dolby atmos ini dapat diterapkan dan divariasikan ke audio lagu, format musik ini dikenal dengan 8D Audio. 



 

Melansir dari halaman Medium, 8D Audio merupakan sebuah kekuatan musik pada audio yang dapat menggeser pusat sumber berasalnya suara sehingga menyebabkan secara harfiah - serasa berputar di kepala kamu ni Shiverians. Teknologi yang dapat dimaksimalkan dengan menggunakan headset atau headphone ini membuat kamu dapat mendengarkan musik menggunakan otak bukan telinga, sehingga kamu akan terasa seperti mendengarkan musik dari luar headset atau headphone yang kamu pakai. Menarik ya!
 

Untuk sebagian orang, 8D Audio ini mungkin akan terdengar seperti futuristic technology bagi dunia music. Faktanya, Apakah memang ada yang namanya audio yang memiliki delapan dimensi? jawabannya adalah tidak. Ternyata pembuat musik 8D hanya menggunakan perangkat lunak yang dapat memanipulasi berbagai bagian stereo lagu sehingga dapat menempatkan dan memindahkannya dalam ruang virtual 360 derajat.

Jadi sayangnya, 8D hanyalah istilah clickbait

 

Tapi karena sensasi “real” yang dihasilkan, penikmat musik teknik audio ini terus meningkat seiringnya waktu. Kamu dapat dengan mudahnya menemukan audio tipe 8D ini di Youtube channels, seperti 8D TUNES and Trillion - 8D Music, atau profile Spotify 8D Audio. 


https://www.youtube.com/watch?v=CepeycyGhwE
 

Nah gimana Shiverians, ada yang udah pernah dengerin? Coba share pengalaman dan pendapatnya yuk!


- Reyhan Zulfa, BA Jakarta


 



 




 


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Adventure Club, Pop Punk Goes EDM

img

DIFFERENTLY COOL

Gebetan Lo Demen Rave Party? Kasih Kado Ultah Ini!

img

DIFFERENTLY COOL

Top 5 EDM Record Labels in Indonesia