Macam-macam jenis minuman beralkohol asli Indonesia

BY
semmanta

March, 29th 2021

Hallo Shiverian! Kalian tau gak, kalau minuman beralkohol juga adalah warisan budaya dari beberapa daerah di Indonesia. Nah minuman tradisional ini dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan seperti nira, beras, kelapa, buah dan sebagainya loh. Di setiap daerah minuman ini mempunyai nilai dan fungsi-nya masing masing nih guys. Kali ini kita akan share apa aja sih jenis minuman beralkohol dari berbagai daerah di Indoensia!

1. Arak

Nah yang pertama arak nih guys, pasti beberapa dari kalian sudah tau minuman ini. Ya, minuman beralkohol ini berasal dari Bali. Minuman ini berfungsi sebagai sesajen atau persembahan dalam ritual keagamaan di Bali loh guys. Arak Bali dihasilkan dari fermentasi bunga dan buah dari pohon palem, kandungan alkoholnya cukup tinggi bisa mencapai 50% guys.

2. Ballo

Kalo minuman yang satu ini pasti jarang terdengar ya guys, minuman ini berasal daro Provinsi Sulawesi Selatan. Ada 2 jenis ballo yaitu ballo manis dan ballo kacci. Kalau ballo manis udah pasti rasanya manis, nah kalau ballo kacci memiliki rasa yang asam dan tajam nih Shiverian. Kalian bisa temuin minuman ini di daerah Tana Toraja.

3. Ciu

Merupakan hasil fermentasi dari tebu dan singkong. Minuman ini berasal dari Pulau Jawa, khususnya di Kota Banyumas dan Solo nih Shiverian. Minuman ini dipercaya baik untuk kesehatan dan dianggap sebagai jamu kesehatan atau obat tradisional. Kadar alkoholnya mencapai 70% .

4. Sopi

Minuman ini berasal dari Maluku dan Flores. Munculnya sopi dan berkembang pada mulanya pada saat penjajahan belanda nih guys, tepatnya pada abad ke 15. Sopi sendiri mempunyai arti anggur persaudaraan loh Shiverian.

5. Swansarai

Nah minuman ini berasal dari saudara-saudara kita di Papua nih Shiverian, minuman ini dihasilkan dari fermentasi air kelapa yang sudah tua. Biasanya disajikan untuk para tamu dan kerabat yang berkunjung ke rumah.

6. Tuak

Tuak berasal dari fermentasi gula aren nih Shiverian, dengan kadar alkohol 8% dan mempunyai cita rasa yang manis. Minuman ini berasal dari Sumatra Utara dan Lombok.

 

Nah itu dia Shiverian berbagai minuman lokal dari Indonesia, merupakan warisan kebudayaan bangsa Indonesia yang layak harus bangga dengan produk dalam negeri, penasaran gak nih Shiverian untuk nyobain salah satu jenis minuman lokal indonesia?


0 Comment

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Thrifting Fashion: Tren yang Hits di Seluruh Dunia

img

READY TO PARTY

Ide Party Pas Halloween

img

DIFFERENTLY COOL

DJ legendaris Italia Claudio Coccoluto telah meninggal