Hip-Hop Scene di Indonesia!

BY
Massive

January, 25th 2021

Kalau kita ngomongin genre, Hip-Hop termasuk salah satu genre dengan penggemar terbanyak di Jakarta, setuju ga guys? Ya, kebanyakan sih yang suka mulai dari yang remaja-remaja, tapi ga sedikit juga mereka yang sudah bisa dibilang veteran clubbing alias pecinta dunia malam lama, suka dengan genre yang satu ini. Tapi kalian tau ga sih awal mula Hip-Hop scene terkenal di Indonesia? Nah kita bakal bahas soal awal mula Hip-Hop Scene di Indonesia!

 

Kalau lo orang Indonesia dan lo suka lagu Hip-Hop pasti kenal dong sama Igor Saykoji, Rich Brian, JFlow, Ramengvrl, Ariel Nayaka dan lain-lainnya? Nah tapi bukan mereka awal mulanya yang memulai Hip-Hop Scene di Indonesia. Kenal Iwa-K? Pasti kenal dong! Nama rapper Iwa Kusuma (Iwa-K) akan selalu muncul dalam benak ketika membahas kehadiran awal genre musik Hip-Hop di tanah air pada tahun 90-an. Kehadirannya di industri musik Indonesia kala itu seperti angin segar saat banyak orang mendengarkan musik rock. Kebebasan berekspresi melalui musik rap yang digaungkan oleh Iwa-K dan Denada kala itu tidak berhenti begitu saja. Setelah mereka, semakin banyak nama dan grup rap yang bermunculan di scene hip-hop Indonesia. Melalui Iwa-K Hip-Hop mendapat banyak perhatian dan membuat tertarik banyak warga tanah air.

 

Pada tahun 1995 muncul sebuah album kompilasi ‘Pesta Rap’ yang berisikan lagu-lagu dari para rapper Indonesia yang bermunculan dari berbagai daerah. Banyak penggemar dan pelaku musik rap belakangan ini mengakui bahwa saat seri album Pesta Rap keluar tahun 1995-1997 adalah era keemasan musik Hip-Hop Indonesia. Semangat berekspresi dari album kompilasi ‘Pesta Rap’ yang berhasil mendapatkan banyak penggemar, terus dikobarkan dengan munculnya segenap musisi rap dan grup Hip-Hop baru setelah memasuki tahun 2000. Satu nama yang mungkin masih diingat dari awal tahun 2000an adalah grup Hip-Hop Neo, dengan deretan lagu hits dan penghargaan yang pernah mereka dapatkan. Seiring perkembangannya para rapper yang mewarnai hip-hop tanah air kala itu pun bermunculan, nama-nama seperti Kungpao Chicken, 8 Ball, Bondan Prakoso & Fade 2 Black, J-Flow, T-Five, Tofu, Homicide, Soul ID, Saykoji, Yacko, dan sebagainya. Beberapa nama diantarnya pun masih terus berkarya hingga saat ini.

 

Pada Tahun 2016, kita dikejutkan dengan video YouTube yang menampilkan rapper muda asal Indonesia yang mendapatkan perhatian dari seluruh dunia, termasuk Amerika negara tempat lahirnya Hip-Hop. Ialah Rich Brian yang berhasil menembus perhatian intenasional dengan lagu berbahasa Inggris berjudul Dat Stick yang membuatnya masuk ke grup label internasional 88 Rising. Kemudian diikuti juga dengan Ramengvrl yang sudah bergabung dengan label internasional Empire yang menaungi rapper ternama seperti Tyga, Snoop Dogg dan Kendrick Lamar. Semakin banyak Rapper asal tanah air yang berhasil tembus ke label luar. Bahkan baru-baru ini Universal Music Indonesia (UMI) mengumumkan perluasan operasi musik rekamannya di Indonesia dengan peluncuran Def Jam Indonesia dan. Di luar negeri, Def Jam adalah lebel independen musik hip-hop yang diakui dan dihormati secara global dengan lahirnya rapper seperti Public Enemy, LL Cool J, Nas, Jay-Z, Kanye West hingga rapper ternama Logic, Big Sean & 2 Chainz.

 

Bagi kalian yang tinggal di Jakarta, Massive Collective juga menghadirkan satu acara yang bernama O9 (Oh Nine dimana pusat perhatian kami adalah membawakan lagu Lo-Fi HipHop. Lo-Fi Hip-Hop? Terdegar asing bukan untuk scene dunia malam? Tentu saja, dengan O9 (Oh Nine) Massive Collective membawakan banyak rapper, musisi bahkan DJ untuk bersama memainkan genre Lo-Fi HipHop yang kebetulan masih asing di dunia malam Jakarta. Tidak hanya memainkan Lo-Fi HipHop tentunya, O9 (Oh Nine) juga memainkan lagu Hip-Hop, Rap, R&B. Jika kalian tinggal di jakarta dan ingin menikmati scene lagu Lo-Fi Hip-Hop, O9 (Oh Nine) adalah target kalian! Sampai bertemu di acara O9 berikutnya!


9 Comment

Sadam

9 days ago

hebat

REPORT

Ezra

10 days ago

Awesome

REPORT

rizki

21 days ago

wihhhh

REPORT

Emillio

a month ago

Awesome!

REPORT

Kamal

a month ago

Hip Hop boleh la

REPORT

Khoirul

a month ago

Ok

REPORT

Kamelia

a month ago

Hip hop ala DJ

REPORT

Yuantoro

a month ago

Nice

REPORT

yogy

a month ago

Josss

REPORT

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Mix n Match Kemeja Flannel Buat Nightout Nanti Malam!

img

DIFFERENTLY COOL

Valentine's Day, Shiverian Way

img

READY TO PARTY

Kombinasi Makanan Enak Buat Disantap Pas Party!