HAL-HAL YANG WAJIB KALIAN TAHU SEBELUM MENJADI DJ

BY
Victor

February, 23rd 2021

Menjadi DJ (disc jockey) itu bukan suatu hal yang dibilang sangat mudah, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang DJ professional. Yuk mari kita simak apa saja sih yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk menjadi seorang DJ.

 

  • Menentukan apakah Anda ingin menjadi DJ yang menyenangkan orang lain atau spesialis musik. Beberapa penampilan akan memaksa Anda membuat sedikit kompromi. Menyenangkan orang lain berarti Anda memainkan lagu-lagu yang kemungkinan besar paling disukai kebanyakan orang dalam suatu kerumunan. Gaya ber-DJ seperti ini paling cocok untuk acara-acara pribadi, seperti pernikahan atau pesta-pesta kecil sedangkan Spesialis musik bertahan pada sebuah genre musik tertentu, terlepas dari apa yang diinginkan oleh para pendengar. Biasanya, DJ-DJ ini bermain di klab-klab malam yang memiliki standar genre tertentu, atau disukai orang karena tipe musiktertentu.
  • Mengamati/mencari inspirasi. Cari DJ sekitar anda yang gayanya anda kagumi dan amati ia sesering mungkin. Perhatikan bagaimana ia menyusun lagu-lagunya dan mengelola kerumunan orang. Setelah Anda memerhatikannya beberapa kali, dekati DJ tersebut dan mintalah beberapa tips. Kebanyakan DJ akan dengan senang hati membantu Anda jika mereka tahu Anda serius. Atau kalian bisa mendapakatan inspirasi dengan cara memoerhatikan dj terkenal dunia sepertiHARDWELL,MARTIN GARRIX, SKRILLEX DASH BERLIN dan masih banyak yang lain lagi.
  • Memahami apakah Anda akan memainkan turntable(vinyl) atau digital.Perlengkapan DJ tradisional menggunakan turntable untuk memainkan rekaman vinyl, tetapi sekarang penggunaan perlengkapan digital dengan CD semakin umum ditemui. Kedua tipe perlengkapan ini punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, tetapi sangat efektif untuk bermain musik dan menjadi DJ. Perlengkapan analog akan memampukan Anda menjalani profesi DJ dalam cara yang paling tradisional, dengan mempelajari keahlian-keahlian DJ sesuai cara pengembangannya: menggoreskan stylus pada sebuah piringan vinyl. Anda harus mengumpulkan koleksi rekaman vinyl untuk bermain, sehingga cara ini mungkin agakmahal. Perlengkapan digital membuat Anda bisa menjalani profesi DJ dengan lebih praktis, dan proses belajarnya akan jauh lebih singkat. Sebagai contoh, mempelajari teknik beat-match dan transisi, akan jauh lebih mudah dengan penghitung BPM dan sistem perangkat lunak.
  • Koleksi musik. Anda tahu apa lagi yang Anda perlukan? Musik. Jangan yang buruk dalam format unduhan mp3 kelas tiga. Untuk menjadi seorang DJ yangterhormat, anda setidaknya harus membayar musik yang Anda dapatkan. Saat ini, Anda bisa bermusik dengan apa yang sudah Anda punya, tetapi ketahuilah bahwa Anda pada akhirnya harus membayar untuk membeli musik karya orang lain. Anda harus menjadi seorang ahli musik. Hubungi teman-teman Anda dan periksa daftar lagu-lagu hits, saluran-saluran perusahaan rekaman pada YouTube, dan situs-situs web yang khusus dibuat untuk para DJ, misalnya Beatport.
  • Mengetahui genre. Ini nih satu hal yang paling sangat vital harus anda ketahui, di era millennium(2000-an) seperti sekarang ini, popularitas EDM meningkat sangat pesat. EDM “electronic dance music” adalah music elektronik perkusif yang dibuat untuk sebagian besar klub malam, café, lounge, bar, rave, dan festival-festival. Pada awal 2010-an istilah “electronic dance music”(EDM) sedang didorong oleh industry musik dan jurnalis music dalam upaya untuk re-brand budaya RAVE party. Meskipun beberapa industry mencoba untuk membuat sebuah jenis EDM, akronim ini tetap digunakan sebagai istilah umum untuk beberapa genre seperti HOUSE, TECHNO, TRANCE, DRUM AND BASS, DUBSTEP, dan beberapa subgenre yang berhubungan. “jadi inget yah teman-teman EDM itu bukan genre” hehehe;)
  • Menetukan dimana/dengan siapa anda belajar/kursus untuk menjadi DJ. Akhirnya kita sampai ketahap paling akhir nih teman-teman, kalian harus memikirkan dengan matang dimana/dengan siapa anda ingin belajar menjadi DJ supaya anda tidak menyesal dikemudian hari. Cari tahu tentang mentor/pendamping kalian,apakah sesuai dengan kemauan anda? Tapi tetap kita harus mengikuti arahan dan instruksi dari mereka.

0 Comment

You might like

img

MODERN

Menyambut Clubhouse: Party Platform Terbaru!

img

READY TO PARTY

Final Lineup Telah Rilis, Beli Tiket #SGF19 Di SHVR.ID

img

READY TO PARTY

Menyiasati "Party" di Kala Pandemi