DJ TOOLS TO START YOUR BEDROOM MIX

BY
Iskandar

February, 24th 2021

Dimasa pandemi seperti ini, banyak waktu luang yang bisa kamu manfaatin, salah satunya adalah mencoba remix lagu favorit. Hal ini lagi viral banget dilakuin sama musisi ataupun orang amatir yang lagi nyoba buat ngasah skill mixing nya. Buat mulai hal ini ada beberapa item penting yang lo mesti siapin terlebih dulu, berikut diantaranya beberapa item yang biasa digunakan oleh DJ (Disc Jockey) 

  • Laptop

Dalam memulai mixing suatu lagu, peran laptop sangatlah penting, dari sini lo bisa milih lagu yang kira-kira cocok sama genre favorit, mixing antar track, dan sebagainya. Laptop juga menjadi salah satu item essential para musisi karena terdapat banyak software yang dapat membantu mereka untuk recording dan bahkan mastering,  contohnya Garage Band, Logic Pro X, FL Studio, dsb.

  • CDJ

CDJ merupakan CD Player yang khusus untuk DJ dikarenakan dilengkapi dengan fitur-fitur unik seperti CUE, dan bahkan bisa mengatur Pitch serta Tempo lagu sesuai dengan keinginan lo ! Beberapa brand CDJ terkenal diantaranya Pioneer, Numark, Traktor, dsb.

  • Mixer

Mixer merupakan salah satu bagian yang penting, karena mixer berfungsi sebagai penghubung antara CDJ dengan output suara yang kita inginkan, lo juga bisa nentuin CDJ mana yang harus keluar suara dan mana yang harus mute melalui Crossfader, dan mixer berperan penuh dalam pengaturan suatu nada, karena lo bisa ngatur mulai dari Bass, Low, Middle, Treble, dan High nya!

  • Launchpad

Launchpad sendiri memiliki beragam fitur, dan launchpad pun bisa menggantikan beberapa alat DJ sekaligus, merupakan alat DJ yang paling modern , dikarenakan launchpad sendiri tendiri dari banyak tombol (pad) yang dapat diprogram sesuai dengan keinginan usernya. Umumnya Launchpad digunakan untuk mixing, mengeluarkan output drum pattern, trigger loops , dan bahkan satu tombol dalam launchpad dapat diprogram untuk mengeluarkan sebuah lagu! Salah satu merk Launchpad paling terkenal ialah Novation.

  • Turntable

Pemutar piringan hitam (Turntable) dulunya digunakan untuk memutar rekaman lagu dalam suatu piringan hitam, namun dengan perkembangan zaman, banyak DJ yang menggunakan Turntable sebagai CDJ berkonsep retro, sehingga DJ dapat melakukan scratching dengan memutar piringannya. Old but Classy!


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Kombinasi Makanan Enak Buat Disantap Pas Party!

img

MODERN

LAZE RILIS ALBUM KEDUA BERTAJUK "PUNCAK JANGGAL"

img

READY TO PARTY

Ini Dia Best Hits Sepanjang Masa Skrillex