Cara Mengatasi Insecure

BY
Riyan

March, 1st 2021

Tidak Perlu Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Ucapan Kosong

Sebaiknya, ketika kamu kurang yakin terhadap suatu hal, setidaknya 75 persen, maka terima kenyataan bahwa itu tidak akan berhasil. Faktanya, memang tidak semua hal bisa kamu dapatkan. Dibandingkan menghibur diri dengan kata-kata kosong, yang akhirnya berujung kekecewaan dan membuat kamu kehilangan motivasi serta mudah menyerah.

Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Pernahkah kamu menyadari bahwa kehadiran media sosial membuat kamu sering membandingkan diri dengan orang lain? Hal ini pada gilirannya membuat kamu merasa terpuruk. Kamu menjadi mudah iri dengan apa yang dimiliki orang lain.

Di media sosial, seseorang hanya menampilkan versi terbaik dari diri mereka. Padahal, kamu tidak tahu ada hal yang terjadi di belakangnya. Jadi, jangan repot-repot membandingkan kehidupanmu dengan orang lain agar terhindar dari perasaan Insecure. 

Temukan Kelebihan Diri

Ingatkan diri kamu sendiri tentang siapa kamu, apa yang penting bagi dirimu, dan kelebihan diri sendiri. Hal tersebut akan membuat kamu lebih banyak bersyukur. Misalnya, "Keluargaku sangat mendukungku. Itu sangat berarti" atau "Keimanan saya adalah fondasi hidup saya." Dengan menegaskan nilai-nilai yang kamu yakini, maka ini membuat rasa Insecure yang kamu miliki memudar dengan sendirinya. Sebab, kamu tidak lagi berfokus membandingkan diri dengan orang lain. 

Fokuslah untuk Menjadi Diri Sendiri

Mungkin terlihat klise, tetapi pada banyak kasus, saat merasa tidak aman, kamu mencoba meniru orang lain. Jadinya, kamu menjadi bukan diri sendiri. Kamu berusaha memenuhi standar orang lain, bukan standar terbaik dari dirimu.

Misalnya, ketika kamu merasa Insecure saat bergaul dengan teman-teman, kamu mungkin tergoda untuk meniru perilaku mereka yang tampak percaya diri. Tetapi, alih-alih hanya mencoba mengikuti jejak mereka, fokuslah pada upaya diri sendiri. Kamu tidak harus menjadi pusat perhatian,namun yakin bahwa pribadi kamu itu unik dan tidak miliki oleh orang lain. 

Ingatlah Hal-Hal Baik yang Sudah Dilakukan 

Cara lain mengatasi rasa Insecure dengan mengingat hal-hal terbaik yang pernah kamu lakukan. Pikirkan saat kamu berdiri di samping seorang teman ketika tidak ada orang lain yang melakukannya. Ingatlah ketika kamu melakukan perbuatan baik tanpa mengharapkan imbalan.

Ketika kamu merasa Insecure, kamu cenderung melihat dunia seolah-olah bekerja melawanmu. Ancaman dan bahaya kecil bisa muncul dari balik setiap sudut. Namun, mengingat diri kamu sebaik mungkin dapat membantu memandang dunia dengan lebih indah.


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Menyiasati "Party" di Kala Pandemi

img

READY TO PARTY

7 Tips Ngadain Party Sendiri di Rumah Buat Lo!

img

READY TO PARTY

5 Lagu EDM Penyemangat Saat Pandemi