5 Tips Kreatif #dirumahaja Buat Home Recording Sendiri

BY
irmapurnama

March, 3rd 2021

   Hi shiverian! Siapa nih yang masih #StayAtHome tapi mager-mageran di kamar mulu? Udah ga jamannya kali..

   Belakangan ini banyak banget kalangan anak muda yang produktif walau  cuman di rumah aja loh. Stay di rumah  bukan berarti menjadi penghalang buat lo nyiptain hal yang keren! Bahkan karena lo di rumah aja, lo lebih punya banyak waktu untuk me time dan meditasi buat nyiptain sesuatu yang oke banget!

   Bagi lo semua para musisi atau pecinta musik yang udah pada stuck banget bingung mau ngapain aja, mending lo buat karya yang bisa ngasah skill & taste lo di dunia musik.

Nah kita punya 5 tips buat lo Shiverian yang pengen banget bikin karya yang asik walau cuman dari rumah aja. Mulai dari record sendiri di rumah (home record) sampai distribusiin karya lo secara virtual!

 

   Apa saja sih tips nya? Let’s check this out!

 

 1. Tentuin Jati Diri Bermusik

First step yang harus lo lakuin sebelum lo buat karya yaitu kenali jati diri lo dalam ber-musik. Genre musik sangat banyak dan beragam loh. Apalagi seiring berjalannya waktu banyak banget diluar sana musisi-musisi yang nyiptain genre-genre musik baru yang kreatif.

Jadi tentuin dulu genre lo dalam bermusik, Techno kah? Pop kah? Blues kah? Atau mungkin lo bisa nyiptain genre musik baru yang belum pernah ada? Oke juga kan!

Selain itu juga, lo harus tau karya yang udah lo buat maudiapakan, dan dibawa kemana. Itu penting banget loh guys untuk karir bermusik kedepannya. Jadi siapin planning diawal dengan sangat matang supaya nantinya akan berjalan lancar :D

 

 2. Refrensi Musik

Ketika lo udah nentuin jati diri yang cocok buat lo, yang harus lo lakukan selanjutnya adalah mencari refrensi sebanyak-banyaknya. Refrensi itu sangat penting loh Shiverian. Selain memberikan dampak yang positif , refrensi juga bisa mengasah skill lo dalam bermusik! Lo bisa mulai dengerin lagu-lagu dari musisi favorite lo, atau lo bisa kenali idola lo lebih dalam, dari life style mereka sampai cara mereka menciptakan sebuah karya di label record.

 

3. Mulai Nabung !

Ini nih hal yang penting dan yang engga bolehdilewatin Shiverian, Nabung ! Engga susah kok, lo bisa nentuin dulu budget yang lo perlukan sesuai planning yang udah lo buat. Buat chechklist alat apa aja yang diperlukan untuk bermusik dan rekaman. Setelah itu tentuin deh target waktu lo untuk bisa beli barang-barang yang diperlukan. Dengan kesungguhan dan niat yang besar, pelan-pelan pasti akan tercapai kok! Tetap fokus dan semangat yah!

 

4. Start & Keep Learning

Latihan dan latihan terus. Musisi terkenal engga sukses dengan cara instan loh Shiverian. Mereka pasti dan akan selalu melewati fase belajar dan latihan. Hal itulah yang bisa ningkatin skill mereka. Dengan melakukan latihan yang rutin lo akan tahu di mana kekurangan lo dalam bermusik dan berusaha untuk belajar buat ningkatin kekurangan lo tersebut. Yuk mulai ambil kertas dan bolpoint lo, tulis materi tiap harinya, dan jangan lupa untuk dipraktekan yah! :D

 

5. Home Recording & Virtual Performance

Okay last but not least, siapin alat-alat untuk rekaman musik lo di rumah. Alat-alat seperti komputer, mic condenser, soundcard, speaker, dan instrument merupakan alat-alat dasar yang sangat lo perluin. Jangan lupa juga untuk meng-install software-software yang proper untuk recording musik di komputer lo. Untuk pertama kali lo ngelakuin home recording pasti akan ada banyak kendala. Jangan nyerah, itu kunci untuk berhasil. Nikmatin prosesnya dan lo bakal nemuin banyak pengalaman baru yang asik untuk rekaman di rumah.

Dan setelah lo berhasil untuk recording musik lo, ini saat nya untuk lo distribusiin karya lo. Saat lo #stayathome lo masih sangat bisa untuk memperkenalkan musik lo secara virtual.

Banyak cara yang bisa lo lakuin seperti, live performance di platform-platform seperti youtube, Instagram, dan lainnya. Lo juga bisa buat tapping (rekaman musik live yang melalui proses pengeditan video) untuk hasil performance musik yang lebih kece.

 

So good luck Shiverian ! Selamat home recording di rumah dan selamat berkarya..


0 Comment

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Suka Backpacking & Party? Datangi Kota-kota Ini!

img

MODERN

Primavera Sukses Selenggarakan Konser Tanpa Jaga Jarak

img

MODERN

Menyambut Clubhouse: Party Platform Terbaru!