5 Rekomendasi Alat Nge-DJ yang Perlu Dipertimbangkan

BY
dhea

April, 5th 2021

Perkembangan teknologi di dunia DJ memiliki perjalanan yang panjang. Saat pertama kali muncul, profesi ini sangat mengandalkan jiwa seni bermusik dan kreativitas yang tinggi. Sebagai seorang DJ di generasi sebelumnya, kamu harus menciptakan musik secara analog.

Kini seiring berkembangnya teknologi, seorang DJ hanya perlu memilah nada atau musik yang diinginkan, sisanya mesin mixer yang akan mengolah data menjadi hasil karya yang sempurna. Agar dapat menghasilkan lagu yang asyik, ini dia rekomendasi DJ equipment terbaik yang bisa kamu gunakan nih shiverian!

1. MPC LIVE, dilengkapi software terbaru MPC 2 versi 2.3

MPC Live dari perusahaan Akai Pro merupakan portable DJ controller. MPC ini dapat beroperasi sendiri tanpa harus menggunakan komputer. Dilengkapi dengan touch screen multi display sebesar 7 inci yang multifungsi. Termasuk juga penyematan baterai lithium-ion yang perlu recharge ulang setelah 6 jam pemakaian. Akai Pro juga memasang software vault 2 versi 2.3 dengan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB.

MPC Live memiliki RAM 2GB yang dapat kamu tambahkan dengan HDD atau SDD eksternal. Terdapat 2 slot USB-A 3.0 dan kartu memoriSelain itu, kamu juga dapat terhubung dengan Wi-Fi dan didukung bluetooth 4.0 midi support. Harga MPC Live ini sekitar Rp11.430.000,-.

2. Akai Professional Fire FL Studio Digital Audio Workstation

Perusahaan Akai Professional meluncurkan Fire FL studio dengan teknologi tinggi yang dibuat khusus meningkatkan kinerja produser musik dan DJ di fruity loop studio. Dilengkapi dengan peramban yang menjadi navigasi dalam menyeleksi dan memproses audio sample. Fitur ini juga dapat me-recall project file yang kamu buat. Tampilan OLED memudahkan kamu untuk browsing dan controlling data. Fire FL juga dilengkapi tombol matrix sebanyak 64 buah velocity-sensitive RGB.

Ada pula fitur direct hardware memudahkan kamu mengatur controller dengan melakukan mute atau solo channel tanpa harus menggunakan mouse tambahan. Fire FL ini pad matrix-nya dapat diubah menjadi drum mode, performance mode serta multi-device mode. Multi-device mode memungkinkan kamu untuk mengembangkan jumlah pads matrix yang 4x16 per Fire unit menjadi 8x32 tombol matrix yang dapat bekerja secara bersamaan. Harganya sekitar Rp2.900.000-an.

3. MPK Miniplay, MIDI Controller Wireless dengan 8 drum pads

MPK mini play ini bukan hanya MIDI yang menggunakan keyboard biasa tapi juga dapat terhubung dengan komputer menggunakan USB. Dilengkapi 8 drum pads dan 4-way joystick yang dapat digunakan kapan saja. Menggunakan 3 baterai “AA” sebagai daya utama, mini play ini ditujukan untuk penggunaan wireless di luar ruangan. MPK ini mampu menghasilkan 128 suara dan sudah dilengkapi dengan speaker.

Kamu juga dapat menggunakan headphones dengan output jack atau menghubungkan MPK ke speaker yang lebih besar. Mini play ini dilengkapi dengan 25 tombol keyboard. Kamu bisa memilikinya dengan merogoh kantong sebesar Rp1.750.000-an

4. Akai LPD8 Wireless MIDI Controller 

LPD8 wireless ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kamu yang memiliki aktivitas padat. Dengan menggunakan bluetooth MIDI yang fungsional, kamu visa mengoperasikan controller ini di mana saja. Dengan berat yang hanya berkisar di angka setengah kilogram, akan semakin memudahkan kamu untuk menggunakannya.

LPD8 memiliki 6 tombol UI dan 8 drum pads yang lebar. Selain itu controller ini juga memiliki tombol repeat yang cocok untuk dance performanceEquipment ini juga bisa terhubung dengan iOS device. Controller ini dibanderol dengan harga Rp950.000-an.

5. MPC-X MIDI controller 

Equipment DJ seharga Rp44.405.000-an ini memiliki kualitas berkelas internasional. MPC ini dapat beroperasi tanpa komputer dan dilengkapi layar multi-touch display sebesar 10.1 inci yang full color sehingga memudahkan kamu untuk memproduksi musik. Selain itu juga berfungsi sebagai control surface untuk software MPC 2.0.

PMC-X memiliki 16 pads touch-capacitive Q-link yang dapat dikontrol dengan OLED display. Kapasitas penyimpanannya sebesar 16 GB dan sudah dilengkapi dengan 10 GB konten suara bersama 2 fitur MIDI input dan 4 MIDI output. Kamu juga bisa terhubung dengan Wi-Fi dan fasilitas bluetooth 4.0 MIDI support. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menghasilkan karya berkelas dunia.

 

Nah itu tadi beberapa referensinya ya shiverian. Pastikan kamu mempertimbangkan equipment DJ tadi untuk bikin karyamu semakin bersinar ya shiverian!


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

SCBD Takeover: Jakarta Block Party 2020!

img

READY TO PARTY

5 Pantai Terkenal Ini Cocok Untuk Lo yang Suka Party!

img

DIFFERENTLY COOL

5 Ide Hadiah Keren buat Para Pecinta Musik