5 Genre Musik dan musisi Populer di akhir tahun 2020

BY
Muhammad

March, 1st 2021

Berikut 5 Genre Musik dan musisi populer yang kamu harus tau !

  1. POP

Musik pop juga seringkali dipandang sebagai musik tangga lagu rekaman belaka. Tangga lagu musik umumnya berisi lagu-lagu dari berbagai genre, termasuk klasik, jazz, rock, dan lainnya.Namun sebenarnya musik pop adalah genre musik populer yang berakar dari bentuk modern-nya di Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan tahun 1950-an.Musik pop lahir sebagai sebuah genre yang mandiri dan terus berkembang. Sebagai salah satu jenis seni musik populer yang mencerminkan kemodernan, musik jenis ini juga lebih easy listening bagi segala kalangan.

Taylor Swift foto: https://id.pinterest.com/

 

Dalam kancah internasional bahkan Indonesia, jenis musik ini satu ini selalu mendominasi dan tidak lekang oleh waktu. Tak terhitung jumlah musisi fenomenal bergenre Pop ini. Dilansir dari spotify, Bad Bunny, Drake, J. Balvin, Juice WRLD, The Weeknd, BTS, Billie Eillish, Taylor Swift, dan masih banyak lagi

menjadi musisi terpopuler tahun 2020 dengan musik popnya.

Di Indonesia, musisi Independent atau sering dikenal dengan musisi “indie” yang membawa aliran lagu pop juga sedang hangat-hangatnya, seperti Nadin Amizah, Banda Neira, Fourtwnty yang kini sudah dikenal masyarakat luas pencinta musik indie tanah air dengan soundtrack Filmnya Filosofi Kopi 2, yaitu Zona Nyaman dan lainnya. Musisi Pop lawas juga tak kalah populer dengan karya yang terus ada dihati dan telinga pendengar setia hingga saat ini adalah seperti Chrisye, Noah, Anggun, Ungu, Nidji, dan masih banyak lagi.

 

R&B

Gak cuma musik pop yang bikin nyantol setiap kali kita dengerin, tapi juga merambah ke genre R&B (rhythm and blues). Musik R&B mulai dikenal sejak tahun 1940-an. Gaya musik ini mulai dimainkan oleh para musisi Afrika-Amerika atau musisi kulit hitam yang mengkombinasi kan warna musik Jazz dengan musik Blues, dan kemudian ditambahkan unsur ritme berupa beat yang di ekspose didalamnya. Kini, jenis musik ini sudah kian berkembang, aliran R&B marak dikombinasikan antara rhythm and blues itu sendiri, pop,  soul, funk, hip hop dan electronic music, dengan vocal yang meliuk-liuk menambah nuansa soul di setiap lagu beraliran R&B.

Niki Zefanya foto:Instagram/nikizefanya

 

Dikancah Internasional seperti Amerika, kepopuleran musik R&B ditopang oleh peningkatan 72 persen permintan di layanan audio streaming. Seperti Kendrick Lamar, Drake, Bruno Mars, Post Malone, Migos, The Weeknd, dan Khalid menjadi populer dengan jenis musik R&B yang dibawanya. Di Indonesia sendiri,  aliran R&B mulai dipopulerkan oleh mendiang Glenn Fredly.  Yups! Disamping ia mengusai lagu jazz, sosok legendaris ini juga yang memperkenalkan aliran R&B lewat lagu Januari-nya. Selain itu ada Agnes Mo, Niki Zefanya yang juga telah go internasional.

 

ROCK

Genre Pop ini berawal dari kultur musik rhythm and blues kulit hitam era tahun 1920-30an, wujud musik rock kian hadir melalui pergerakan rock’n’roll pada tahun 1940-50an. Musik yang identik dengan dominannya dentuman dari efek distorsi back beat yang sangat kentara pada rhythm section gitar bass dan drum ini hingga kini sudah banyak sekali musisi dan band rock yang telah menyajikan karya-karya yang revolusioner.

The Beatles foto: https://id.pinterest.com/

 

Berikut musisi Rock revolusioner dunia yang memulai karya dari tahun 90-an alias abad 20 dan juga generasi anak muda abad 21 diantaranya seperti Oasis, The Smiths, The Beatles,

 

EDM

Electric Dance Music atau sering dikenal dengan sebutan EDM ini merupakan jenis musik yang muncul sekitar tahun 80-90an. Namun semakin populer di akhir-akhir tahun ini. Dengan melahirkan lantunan nada dari alat musik elektronik, jenis EDM biasa dimainkan oleh DJ (Disc Jockey). Genre ini cenderung disukai generasi milenial karena ciri khasnya yang ‘jedag-jedug’ membuat siapapun mendengarnya menjadi in fair. Jenis musik ini biasanya diputar di klub malam atau event-event yang identik dengan kerumunan, cocok dinikmati bersama-sama.

Musisi EDM yang sedang banyak digandrungi anak muda masa kini diantaranya Zedd, Calvin Harris, mendiang Avicii, dan lainnya. Sementara Indonesia punya Soundwave personilnya Rini ex Indonesian Idol dan suaminya, Jevin Julian, ada juga yang baru-baru ini viral dan sukses tembus internasional dengan lagunya berjudul Lathi yakni Weird Genius.

 

JAZZ 

Skala Internasional, musisi jazz terkenal diantaranya , Richard Elliot, Brian Culbertson, Phil Denny, Jessie J, dan banyak lagi. Berbagai acara juga telah banyak dilaksanakan di Indoensia dengan tajuk musik jazz, baik yang berskala internasional maupun nasional seperti Java Jazz dan Prambanan Jazz. Musisi yang tak kalah keren dari Indonesia punya diantaranya ialah Raisa, Tompi, Indra Lesmana, Andien, Tulus, dan Kunto Aji dengan ciri khasnya pop jazz yang catchy dan easy listening serta masih banyak lagi.

 


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

"Good Faith" Album Baru Dari Madeon Resmi Dirilis

img

READY TO PARTY

Lagu-Lagu EDM yang Ada untuk Selamanya

img

READY TO PARTY

Lo Bukan Fans Above & Beyond Sebelum Tahu 4 Fakta Ini!