Cara Remix Lagu DJ Favorit Lo!

BY
SHVR

October, 14th 2019

Kalo lo emang hobi dengerin musik EDM, pasti lo pernah kepikiran untuk remix lagu dari DJ favorit lo, entah untuk konsumsi pribadi atau mungkin lo emang pengen jadi produser andal. Nah, untuk bisa remix lagu yang oke, ini dia hal-hal yang harus bisa lo lakuin biar percaya diri sama hasil remix lo!

 

 

Choose your genre!

 

Pertama, cari tau dulu kira-kira aliran atau genre apa yang mau lo remix, dan pastiin juga kalau lo nyaman sama aliran tersebut. Kalau sudah tau dan sudah pasti, coba cari-cari referensi yang sekiranya nyambung sama aliran atau genre yang sudah lo pilih.

 

 

Choose your mixing tool!

 

Setelah sudah menentukan aliran atau genre apa yang pengen lo remix, sekarang waktunya tentukan aplikasi atau software apa yang mau lo pakai buat bikin remix lagu lo. Beberapa pilihannya adalah MuLab, Mixxx atau FruityLoops, disesuaikan aja sama preferensi dan kebutuhan lo.

 

 

Drive your songs!

 

Selain cari referensi, ngulik lagu juga penting supaya lo bisa tau bagian mana yang enak untuk di utak-atik atau pas ketika disambungin dengan lagu lain. Ngulik lagu juga bisa bikin lo punya perspektif yang lebih luas sehingga banyak unsur seru yang bisa ditambah ke lagu remix lo.

 

 

Work your skill!

 

Jangan batasi diri buat mengulik lagu yang itu-itu aja. Terus eksplor aplikasi atau software mixing yang lo punya. Semakin lo menguasai segala fitur yang ada di tool mixing, pasti semakin banyak cara juga untuk berkreasi sama lagu yang lagi lo remix.

 

 

Make your signature!

 

Buat menambah kebanggaan dan rasa percaya diri, lo bisa banget buat selipin suatu unsur atau suara yang bisa jadi ciri khas lo. Pastikan juga ciri khas itu jadi sebuah “signature” yang bikin orang lain langsung ‘ngeh’ kalau remix lagu itu adalah karya lo. Jangan lupa buat masukin ciri khas itu ke setiap remix lagu lo di kemudian hari ya!

 

 

Share your mix!

 

Ketika sudah merasa cukup puas sama hasil remix pertama lo, coba share di platform audio yang bisa diakses sama banyak orang. Bisa juga share dulu ke orang-orang terdekat dan terima feedback dari mereka. Feedback itu pasti bisa bikin lo makin keren ketika remix lagu berikutnya.

Itu dia hal-hal yang mesti lo lakukan kalau mau remix lagu yang keren kayak DJ atau Produser favorit lo! Selain hal di atas, tentu niat dan usaha adalah modal utama. Selamat berkarya, Shiverian! Siapa tau di SGF berikutnya, lo jadi pengisi acara bukan jadi penonton lagi...


0 Comment

You might like

img

READY TO PARTY

Hailee Steinfeld & Jeremy Zucker Siap Tampil di SGF19

img

READY TO PARTY

Shiverian's Bar Tour Challenge! Spot: Gunawarman

img

READY TO PARTY

5 Kuliner Buat Hangover yang Ampuh Bikin Lo Seger Lagi