Jangan Lupain Hal Ini Kalau Lo Mau Bikin Dance Track

BY
SHVR

October, 5th 2020

Shiverians, pernah kepikiran gak sih buat bikin komposisi dance track lo sendiri? Sebagai penikmat musik EDM, khususnya dance, pasti kita pernah punya angan-angan buat punya semacam lagu sendiri yang tentunya bisa didengerin sama orang-orang. Nah, kalo emang lo berniat buat bikin dance track lo sendiri, ada 4 elemen penting nih yang harus lo inget-inget sebelum lo bikin. Apa aja, sih? Yuk, simak aja poin-poin berikut!

1. Drum

Mayoritas jenis musik yang ada di dunia pasti selalu punya rhythm section, dan salah satu bagian dari rhythm section yang gak boleh lo lupain adalah drum! Apa lagi buat musik dance gini, sound dari drum jadi sebuah nyawa yang gak tergantikan dalam ngasih beat buat dinikmatin pendengar. Intinya, sebelum lo mulai bikin komposisi dance track lo, elemen drum harus menjadi sebuah harga mati yang gak bisa diganggu gugat, Shiverians.

2. Bass

<

Setelah drum, rhythm section yang gak kalah pentingnya adalah sound bass dari lagu lo! Ibarat pasangan, drum dan bass harus saling melengkapi dalam sebuah lagu dance, supaya beat lo makin punya karakter dan lebih asik. Lo bisa mulai dengan nentuin bass line utama dari lagu lo, baru deh abis itu lo eksplor sesuai kebutuhan lagunya. Time to make some cool beats, Shiverians!

3. Melodi

Oke. Sekarang lo udah selesai dengan rhythm section lo, kira-kira apa lagi yang lo butuhin? Jawabannya udah cukup jelas ya: melodi! Salah satu alasan kenapa banyak dance tracks di musik EDM begitu universal dan cocok buat banyak orang adalah melodi lagunya yang khas dan nyangkut saat pertama kali denger. Kesimpulannya, ketika lo udah punya rhythm dan melodi yang kuat, lagu lo pasti akan semakin kuat pula karakternya. Siapa tau bisa langsung jadi hits, ya gak?

4. Vokal

Loh, apa lagi? Kan lagunya udah ada rhythm dan melodinya? Harusnya udah cukup dong buat jadi dance track yang proper?

Emang sih, gak semua lagu EDM (khususnya dance) harus ada vokalnya. Tapi, dengan vokal yang ciamik secara progresi nada dan meaningful dari liriknya, dijamin deh lagu lo akan semakin keren, Shiverians! Siapa sih yang gak mau lagunya dinyanyiin sama penikmatnya? Ingat soal ini ya, dengan menambahkan elemen vokal di dance track lo, lo akan ngasih sesuatu yang lebih personal bagi mereka yang mendengarkan lagu lo.

Sekarang, lo udah tau apa aja elemen penting yang dibutuhin ketika lo mau buat dance track. Terus? Udah, itu aja? Tentu enggak, Shiverians. Setelah lo selesai dengan 4 elemen di atas, lo akan lanjut masuk ke bagian production, yaitu saat lo mulai mixing dan mastering lagu lo. Untuk hal ini, lo bisa cek di sini ya! See you!


10 Comment

tira

6 months ago

kerenn

REPORT

Khoirul

8 months ago

Goos

REPORT

Yuantoro

8 months ago

Mantap

REPORT

Kamelia

8 months ago

Mantap

REPORT

Ahmad

8 months ago

Good

REPORT

Reno

8 months ago

mantap

REPORT

IAM

8 months ago

Nice

REPORT

E

8 months ago

Oke. Nice info

REPORT

Rizky

8 months ago

mantap pokonya

REPORT

Putu

8 months ago

Keren, Recording Maupun Mixing Musik Sekarang udah bisa di bikin Dirumah, Tinggal niat belajar dan kreatifitas aja... Mantap

REPORT

You might like

img

READY TO PARTY

5 Dokumenter Tentang EDM yang Wajib Lo Tonton!

img

READY TO PARTY

These Amazing Acts Killed it at #SGF19

img

READY TO PARTY

Swedish House Mafia Akan Comeback!