Baca 4 Buku Ini Kalau Lo Serius Mau Jadi DJ!

BY
SHVR

December, 29th 2020

Banyak yang ngomong kalo buku tuh jendelanya ilmu pengetahuan kan. Ada benernya juga sih, karena bahkan belajar DJ aja bisa dengan cara baca buku, lho. Jadi selain les, ngeliat tutorial YouTube, ikut kelas online, Lo juga bisa belajar cara nge-DJ yang proper dengan baca buku. Yuk, coba liat rekomendasi buku tentang gimana cara nge-DJ dari SHVR.id!

Last Night a DJ Saved My Life: The History of the Disc Jockey

Buat Lo yang pengen jadi all-round DJ yang ga terpatok sama satu genre tertentu, mungkin buku ini yang paling tepat buat Lo. Karena buku ini akan ngebahas sejarah rekaman musik pertama kali di abad 19, perkembangan disko di 70-an, sampai budaya rave party di tahun 80-an dan 90-an. Ga cuma itu, buku ini juga ngejelasin gimana EDM mix together sama genre-genre lainnya, seperti Reggae, House, Disco dan Hip Hop dan bahkan ngebahas perkembangan musik EDM karena perkembangan teknologinya juga. Penting banget buat Lo yang mau jadi Professional DJ untuk tau sejarah musiknya biar bisa nambah reference juga kan?

Electrochoc

To be better, sometimes you have to learn from the best. Pernah denger kata-kata itu kan? Kalo Lo mau jadi DJ yang hebat, Lo juga harus tau cerita tentang DJ yang legendaris. Buku Electrochoc ini adalah buku autobiografi dari DJ ternama, Laurent Garnier. Laurent memulai karirnya sebagai DJ di umur 20-an di Eropa. Dari situ kita bisa imagine gimana scene musik EDM di Eropa tahun 90-an. Lo juga bisa tau gimana party culture di club legendaris seperti, Mud Club di London dan Hacienda di Manchester. Surely akan ngebantu Lo lebih memahami karir sebagai DJ dengan ngeliat perjalan Laurent dari DJ kecil sampai well-known DJ.

How to DJ Right: The Art and Science of Playing Records

Untuk jadi DJ yang hebat, pastinya Lo perlu tau gimana cara nge-DJ yang bener kan? Mirip seperti video tutorial di Youtube, buku ini akan ngasih tau How-to nge-DJ yang proper, mulai dari beatmatching, mixing, sampai nambahin FX/efek. Walaupun buku ini ditulis awal tahun 2000-an dan beberapa informasinya agak ketinggalan, tapi tetep ngasih insight yang masih relevan kalo Lo baca sekarang. Fun fact, penulis buku ini sama kayak penulis buku “Last Night a DJ Saved My Life”.

Rock The Dancefloor: The proven five-step formula for total DJing success

Ditulis oleh Phil Morse, pastinya buku ini bakal ngebantu DJ-DJ baru biar makin jago. Kalo Lo ga tau Phil Morse itu siapa, coba cek digitaldjtips.com, yaitu sebuah platform online DJ tutoring terbesar di dunia. Phil Morse adalah pendirinya. Jadi tips & trick yang dikasih pasti spot-on banget dan bisa banget Lo praktekin. Selain itu, buku ini juga cukup detail ngejelasin gimana Lo jadi DJ from zero, dari mulai milih software/hardware yang tepat, mixing yang bagus, sampai branding dan promosiin diri Lo. Perfect book untuk Lo yang emang baru mulai karir DJ Lo.

Itu dia 4 buku yang bisa ngebantu Lo lebih serius dan juga profesional dalam dunia DJ. Jadi Lo bisa ga bergantung ke YouTube aja, tapi punya alternatif lain buat belajar tentang DJ. Kalo Shiverian pernah baca buku tentang DJ? Coba kasih tau judul bukunya di kolom komentar!


8 Comment

Sadam

10 days ago

Mantap

REPORT

Dicky

a month ago

Mantul

REPORT

yogy

2 months ago

Joss iki

REPORT

Suyoto

2 months ago

Cvv

REPORT

Enung

2 months ago

Mantap

REPORT

Yuantoro

2 months ago

Nice

REPORT

Kamelia

2 months ago

Good

REPORT

Abdullah

2 months ago

kerenn

REPORT

You might like

img

READY TO PARTY

Kuliner Malam Jakarta yang Bisa Lo Datengin Abis Party

img

READY TO PARTY

Acara Musik di Lokasi yang Unik

img

MODERN

5 Software Virtual DJ untuk Lo Belajar Nge-DJ!