5 Alat Ini Bikin Lo Siap Bikin Home Recording Sendiri

BY
SHVR

August, 14th 2020

Kalo kita ngeliat DJ favorit kita manggung atau denger lagu mereka, kebayang ya serunya jadi DJ? Punya banyak fans, bisa keliling dunia, dan banyak lagi. Tapi, perjalanan sampe situ ternyata gak semulus itu juga, Shiverians. Banyak proses yang harus dilewati, contohnya rekaman. Sekarang, udah bukan zamannya lagi rekaman mahal di studio, lo bisa banget bikin home recording sendiri di rumah. Tertarik buat nyoba? Liat dulu nih 5 alat yang bisa lo pake buat rekaman di rumah.

1. Laptop atau komputer yang udah terinstal software buat rekaman.

Sebelum memulai home recording, pastiin dulu kalo lo udah punya antara dua perangkat ini ya. Mau itu laptop atau komputer, pastiin juga bahwa perangkat lo ini udah terinstal software buat rekaman, atau bahasa lainnya adalah DAW (Digital Audio Workstation). Di software ini lah lo nantinya akan bisa ngulik musik lo dengan sesuka hati.

2. Soundcard.

Soundcard juga adalah sesuatu yang sangat penting buat lo yang mau memulai home recording. Buat yang belom tahu apa itu soundcard, perangkat yang satu ini gunanya adalah mengubah frekuensi yang dihasilkan suara instrumen lo ke dalam bahasa komputer. Bahasa gampangnya, apapun itu instrumen lo, lo harus colok dulu ke soundcard lo, baru deh dari soundcard dicolok ke laptop/komputer lo.

3. Mic Condenser.

Mic Condenser ini bakal lo gunain dengan dicolok ke channel yang ada di soundcard lo. Bagusnya mic condenser adalah lo cukup pake mic ini untuk segala macam instrumen, entah itu gitar akustik, pianika, flute, saksofon, dan alat lainnya yang gak ada colokan input-nya. Sebelom lo beli mic condenser, pastiin lo juga beli lengkap sama kabel jack XLR-nya ya. Biasanya sih, banyak pabrikan yang emang udah ngejualnya satu paket.

4. Speaker atau headphone flat.

Kenapa speaker “atau” headphone? Kalo misalnya ruangan lo rekaman cukup besar dan memungkinkan buat berisik-berisikan, lo bisa pilih opsi speaker buat jadi monitor rekaman lo. Namun, kalo lo kebetulan ngekos atau emang ruangannya gak memungkinkan buat berisik-berisikan, pilihlah headphone buat jadi monitor rekaman lo. Satu hal yang harus lo inget, pastiin monitor yang lo pilih punya equalizer bener-bener flat ya, jadi lo bisa denger bunyi yang sesungguhnya dari hasil rekaman lo tanpa rekayasa apapun sebelum masuk ke mixing dan mastering nanti.

5. Instrumen.

Apapun jenis musik yang lo mainin, pasti semuanya butuh instrumen. Pastiin lo punya semua jenis instrumen yang emang lo butuhkan dalam proses rekaman lo. Contoh, kalo lo emang berniat buat bikin musik elektronik dan kebetulan butuh suara alami dari gitar akustik, ya baiknya lo siapin gitar akustik lo buat direkam pake mic condenser.

Home recording sendiri di rumah emang susah-susah gampang, Shiverians. Tapi, gak apa-apa. Semua ada prosesnya, dan prosesnya bisa mulai dengan coba-coba rekaman sendiri di rumah sampai lo dapet hasil rekaman yang proper. Kalo lo berniat buat bikin musik EDM dan udah bisa ngerekam sendiri dengan bener, pertajam lagi ilmu lo dengan guide bikin musik EDM ini. Akhir kata, happy recording, Shiverians!


13 Comment

Rezi

2 days ago

Aladin

REPORT

Kamelia

2 months ago

Nive

REPORT

Ahmad

2 months ago

Mantap

REPORT

Kamaludin

2 months ago

Wih boleh nih di coba

REPORT

Seadanya

2 months ago

nyoba ah

REPORT

Yuantoro

2 months ago

Recomend

REPORT

E

3 months ago

Pasti seru kalau dicoba

REPORT

Reno

3 months ago

Like

REPORT

IAM

3 months ago

Sadboy ga ad semua

REPORT

Yudhi

3 months ago

Nice info

REPORT

Simon

3 months ago

Like it

REPORT

Seadanya

3 months ago

kalo dari smartphone gimana?

REPORT

Kurnia

3 months ago

Sangat cocok untuk home recording

REPORT

You might like

img

DIFFERENTLY COOL

Gebetan Lo Demen Rave Party? Kasih Kado Ultah Ini!

img

DIFFERENTLY COOL

4 Lagu Enak Buat Chill Di rumah!

img

DIFFERENTLY COOL

Valentine's Day, Shiverian Way